Aplikasi Eds-Rks-Rkas Berbasis Spm Dan Snp Untuk Sd Dan Smp


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera

Pada Kali ini kami akan membagikan aplikasi untuk Penyusunan EDS RKS ke RKAS Untuk SD (SD) dan Sekolah menengah pertama (SMP) Berbasis SPM dan SNP terbaru dari Kemdikbud tahun 2016/2018. Tools ini dikembangkan melalui jadwal PKP-SPM Dikdas pinjaman Uni-Eropa Melalui Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengapa Admin berbagi? sebab beberapa hari yang kemudian pengawas pembina sekolah saya tiba dan menunjukkan tools ini. Beliau juga menjelaskan tata cara penggunaan Aplikasi ini, menurutnya ini merupakan aplikasi terbaru, jadi diperlukan para kepala sekolah menggunakannya dan mengganti versi yang lama. Dengan alasan tersebut, maka admin membahasnya disini. Aplikasi ini sangat gampang dipahami penggunaannya sebab berbasis Excel dan akan blog guru-id berikan filenya secara gratis sehingga sanggup di download.


Sahabat edukasi yang berbahagia, Perlu diketahui juga bahwa Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan memakai tools ini adalah:

a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara terpola (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing berdasarkan hasil analisis penilaian diri Sekolah/Madrasah.

b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus sanggup memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.

c) Peserta memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara sedikit demi sedikit yang dituangkan dalam RKS/M.

d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).

e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.

f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) sanggup menuntaskan dokumen RKS/M dan RKT sebagai fatwa pelaksanaan aktivitas dan penggunaan angggaran. 

Sedangkan Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M dengan memakai tools ini menunjukkan manfaat sebagai berikut:

a) Sekolah/Madrasah mempunyai profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).


b) Sekolah/Madrasah mempunyai laporan EDS/M yang sanggup dipakai sebagai materi rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus mempunyai potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.

c) Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.
d) Sekolah/Madrasah mempunyai rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.

e) Sekolah/Madrasah mempunyai LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).

f) Sekolah/Madrasah sanggup mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.

Cara Menggunakan TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Sebelum memakai aplikasi tools alat bantu Penyusuan EDS RKS, RKAS sekolah anda, blog duniadikdas menyarankan untuk membaca klarifikasi mengenai petunjuk teknis penggunaan aplikasi ini.
  • Pertama Download terlebih dahulu APLIKASI TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M DI LINK BERIKUT

    Untuk SD - Klik Disini
          Untuk Sekolah Menengah Pertama - Klik Disini
  • Buka aplikasi, berikutnya mengaktifkan security warning, yaitu klik option pilih enable this   content. Perhatikan gambar di bawah ini :

Jika anda memakai Microsoft Office 2010 Klik Setting Macro “ENABLE CONTENT”, berwarna kuning di pecahan atas tampilan sajian Tools. Kemudian jikalau muncul tampilan berikut,
tutup/close *tanda silang) di pecahan pojok kanan atas sajian pembuka Tools

  • Berikutnya, Ada 2 input dalam penyusunan dokumen RKS dan RKAS pada tools, yaitu Menu Data dan Informasi, dan Menu EDS/M-RKS/M.
  • Pada sajian data dan isu terdapat 2 input penyusunan, yaitu “Data Sekolah” dan “Integrasi SPM”. Pada sajian input Integrasi SPM, Kepala Sekolah bersama Tim Pengembang Sekolah membaca dan memahami serta memikirkan apa langkah-langkah yang harus dilakukan sekolah untuk memenuhi indikator pemenuhan SPM Pendidikan Dasar.
  • Pada input Data Sekolah, Tim Pengembang Sekolah sanggup mengisi sesuai dengan data-data ibarat yang ada pada gambar di bawah ini: 


  • Catatan dan cara pengisian tabel data dasar Sekolah/Madrasah:

    1. Data Sekolah/Madrasah (nama Sekolah/Madrasah, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi diisi sesuai dengan posisi Sekolah/Madrasah)

    2. Jumlah siswa dalam penghitungan BOS Pusat, terdapat 3 pilihan yaitu : - Tidak menerima, jikalau sekolah tidak mendapatkan dana BOS Pusat sebab alasan tertentu

    - Sesuai dengan jumlah siswa, jikalau jumlah dana BOS Pusat yang diterima sesuai dengan jumlah siswa. Termasuk juga jumlah siswa yang kurang dari 60, tetap mendapatkan sesuai kondisi riil di sekolah.

    - Ditentukan = 60, jikalau dana BOS Pusat yang diterima sesuai dengan kebijakan BOS Pusat, yaitu bagi sekolah yang jumlah siswanya kurang dari 60, maka dana yang akan diterima yaitu sebanyak 60 siswa.

    3. Data sumber dana no 1 s/d 3 diisi penerimaan per siswa pertahun

    4. Data sumber dana no 4 s/d 13 diisi penerimaan perkiraan pertahun

    5. Jumlah siswa diisi dengan jumlah siswa faktual, tetapi untuk SD, SDLB SMP, SMPLB SLB, Sekolah Menengah Pertama Satu Atap dengan jumlah murid kurang dari 60, akan memperoleh kebijakan khusus dan terhitung secara otomatis total penerimaan dengan perkiraan jumlah peserta didik sebanyak 60 peserta didik. Sekolah peserta kebijakan khusus, ditentukan dan diadaptasi dengan kebijakan masing-masing kabupaten/kota.


    6. Nama Kepala Sekolah/Madrasah, Bendahara dan Komite Sekolah/Madrasah diadaptasi dengan kondisi ketika ini. 7. NIP diisi NIP yang berlaku ketika ini dengan cara mengetikkan NIP sebelum angka. Contoh NIP 19670923 198606 1 004 8. Sumber dana sanggup diganti diadaptasi dengan sumber dana yang dikelola oleh satuan pendidikan. 
     
     
  • Dalam sheet ini, hanya cell yang berwarna putih dan biru muda yang boleh diisi. Coba perhatikan tampilan gambar di atas, terdapat perbedaan planning penerimaan Tahun ke-1 hingga dengan Tahun ke-4. Maksudnya dalam proses realisasi planning anggaran jadwal dan aktivitas Sekolah/Madrasah diasumsikan terdapat kenaikan harga barang dan jasa sebesar 10% setiap tahun dari tahun sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya dalam memakai tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M, yaitu melaksanakan analisis kebutuhan sekolah pada sajian “Analisis Profil”, di bawah ini yaitu penjelasan-penjelasan perihal analisis profil sekolah.
  • BERSAMBUNG.... 
     
    DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS PENGGUNAAN Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP.PDF - KLIK DISINI
      Demikian share Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan Sekolah Menengah Pertama tahun 2016/2018. Semoga bermanfaat

    Subscribe to receive free email updates:

    loading...