Hal Gres Dari Dapodik Yang Harus Diketahui Oleh Seluruh Guru

Membuat Akun PTK di Dapodik
Pada Aplikasi Dapodikdas 4.1.0. dalam fitur Penugasan PTK terdapat Penambahan atau Pembaruan ftur yakni terdapat fitur Tambah/Ubah akun PTK. Melalui fitur ini guru diwajibkan menciptakan AKUN PTK (berupa username/password). AKUN PTK ini akan dipakai untuk mengakses semua layanan yang dikelola dirjen GTK kementerian pendidikan dan kebudayaan. PTK sanggup mempunyai jalan masuk layanan ke kementerian dengan data username dan password yang ditentukan melalui Aplikasi Dapodikdas.


Caranya ialah melalui fitur Buat/Ubah Akun PTK di hidangan penugasan  PTK.  Fitur  ini hanya  sanggup diakses  oleh PTK  yang mempunyai status induk di sekolah. Pastikan pula data email di formulir PTK sudah diisi terlebih dahulu.

Catatan :  Dalam menciptakan Akun PTK di hidangan penugasan  PTK
1.  Diharapkan PTK yang bersangkutan yang memilih dan memasukan password.
2.  Alamat email PTK otomatis akan menjadi nama pengguna (username).
3.  Alamat email PTK wajib valid.
4.  Fitur ini hanya berlaku bagi PTK dengan satminkal status induk.
5. User name memakai alamat email yang dimiliki PTK yang telah diinput di Dapodik.

Untuk merubah alamat email PTK, sanggup dilakukan oleh operator sekolah melalui edit Identitas PTK (Caranya pilih salah satu PTK, kemudian pilih Ubah). Oleh alasannya ialah itu:
a) Pada Identitas PTK, semua PTK sebaiknya memakai email yang masih aktif
b) Pada Identitas PTK, dihentikan memakai email orang lain atau email sekolah.

Berdasarkan Buku Manual Aplikasi Dapodikdas 4.1.0 pada halaman 16 dinyatakan bahwa Akun PTK tersebut akan dipakai oleh PTK untuk keperluan transaksi semua Aplikasi yang dikelola oleh Dirjen GTK. Oleh alasannya ialah itu password yang dipakai dalam pembuatan Akun PTK melalui aplikasi Dapodikdas 4.1.0 diperlukan dibentuk sendiri dan diinput sendiri oleh PTK yang bersangkutan. 


====================================



= Baca Juga =



Subscribe to receive free email updates:

loading...