Cara Memastikan Data Di Aplikasi Dapodikdasmen Terkirim Dengan Baik Ke Server Dapodikdasmen

Banyak masalah bahwa sekolah telah berhasil melaksanakan sikronisasi dapodik atau dapodikdasmen, namun jadinya tidak berubah sesuai dengan data yang telah diinput oleh sekolah. Peristiwa ini sanggup terjadi lantaran beberapa alasannya yakni menyerupai kondisi sinyal yang tidak stabil, jenis modem dan jaringan seluler yang dipakai dan lainnya. Hasil investigasi saya terhadap beberapa sekolah, khusus bagi sekolah yang memakai modem. Ternyata terdapat jaringan seluler tertentu yang sanggup dipakai (bahkan tergolong cepat) untuk membuka situs atau website tertentu tetapi tidak sanggup mamksimal dalam mengakses website berdomain kemdikbud.go.id


Yth. Para kepala Sekolah dan Operator Sekolah, untuk memastikan apakah ketika sinkronisasi dapodik atau dapodikdasmen,  data yang dikirim telah sesuai dengan data yang telah diinput, para Kepala Sekolah atau Operator sekolah (OPS)  harus melaksanakan cek progress pengiriman pada web Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  Dengan melaksanakan Cek Progres Data, kita sanggup melihat dan membandingkan antara data-data yang telah dientrykan oleh operator sekolah yang telah berhasil dikirimkan (disinkronisasikan) via aplikasi Dapodikdasmen dari operator sekolah dengan data-data yang sudah masuk ke server Dapodik pusat. 


Sekali lagi acara ini penting dilakukan, semoga kita sanggup melihat data mana yang belum masuk ke dalam server sentra lantaran kemungkinan masih ada data-data yang belum terkirim atau bahkan gagal dalam melaksanakan sinkronisasi, sehingga harus dilakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodikdasdasmen kembali.

Untuk mengecek progress pengiriman setiap sekolah / per sekolah, caranya yakni sebagai berikut:

1.   Kunjungi laman  progress Dapodikdasmen atau melalui alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  

Laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

2.  Pilih Progeres Data
3. Pilih provinsi ==> kabupaten/kota ==> kecamatan ==> nama sekolah.
4.  Apabila sudah ditemukan Pilih nama Sekolah
5.   Selesai.(Silahkan perhatikan tanggal sinkron di bawah nama sekolah dan kolom validasi data yang berada pada tombol paling bawah)
Melalui laman ini, Anda sanggup memastikan Data Jumlah Siswa yang akan berimplikasi pada pembayaran Dana BOS.

Laman Hasil Cek Progres Data atau Progress Pengiriman


Selanjutnya untuk lebih memastikan kualitas data yang dikirim silahkan Pilih Login, kemudian Pilih Operator Sekolah. Tombol Login berada di ujung kanan paling atas pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Setelah menentukan Operator Sekolah masukan username dan password yang dipakai pada pengisian aplikasi dapodikdasmen atau memakai isyarat pendaftaran sekolah.


 
Login Operator Sekolah via Dapodikdasmen


Apabila Anda berhasil Login, Pilih Sinkronisasi selanjutnya perhatikan waktu mulai dan waktu selesai, apabila tertulis null berarti Siknronisasi Gagal. Selain mengecek Sikronisasi dalam laman ini Anda sanggup mengecek dan mendowload Data Sekolah, Sarana dan Prasarana, PTK Aktif, Rombongan Belajar dan Siswa Aktif. Selain itu melalui laman ini Anda sanggup memindahkan (Mutasi) siswa atau guru dari satu sekolah ke sekolah lainnya

Laman Cek Progres pengiriman dan Cek Data Dapodikdasmen

Khusus untuk mengecek Validitas data guru terutama untuk memastikan data guru akseptor pertolongan profesi guru atau data lainnya.  Silahkan Bapak/Ibu guru lakukan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK. 

Kewajiban melaksanakan cek Valiliditas Data Guru melalui Laman Info PTK merupakan kewajiban setiap guru atau PTK. Laporkan kepada kepala sekolah dan operator sekolah apabila Anda merasa atau melihat perbedaan data antara data riil dengan hasil cek informasi PTK.



Demikian cara cek hasil pengiriman data / sinkronisasi pada aplikasi Dapodik atau Dapodikdasmen yang terbaru ketika ini, semoga bermanfaat dan terima kasih. 





= Baca Juga =



Subscribe to receive free email updates:

loading...