Aplikasi Dapodik Versi 2016

Puji syukur, Alhamdulillah. Tim Dapodikdasmen telah merilis Aplikasi Dapodik 2016 sebagai langkah tindak lanjut untuk menyatukan Aplikasi Dapodik (front-end) untuk jenjang Pendidikan Dasar (Dapodik SD/SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah (Dapodik SMA/SMK). Pada Aplikasi Dapodik 2016 terdapat beberapa pembenahan yang cukup siginifikan dalam hal data referensi, metodologi registrasi, mekanisme memasukkan data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya dalam melaksanakan sinkronisasi aturan/regulasi, prosedur, dan mekanisme pemanfaatan data dari Dapodik untuk transaksional di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, transaksi BOS, PIP dan lainnya.  Diharapkan dengan pembenahan ini akan semakin meningkatkan kualitas data di Dapodik dalam mendukung semua transaksional di lingkungan Kemendikbud.


Pembaruan pada Aplikasi Dapodik 2016 selain dilakukan di sisi  front-end, juga dilakukan pembaruan pada database, yang telah memakai database versi 2.54. Maka secara teknis Aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0**) tidak sanggup eksklusif di-upgrade ke Dapodik 2016, akan tetapi harus melaksanakan install ulang. Oleh akhirnya Aplikasi Dapodik 2016 dirilis hanya dalam bentuk INSTALLER Dapodik 2016 (tidak ada versi UPDATER).


Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016:
[Pembaruan] Pembaruan tampilan antarmuka pengguna
[Pembaruan] Fungsi ganti gambar profil pengguna
[Pembaruan] Penambahan hidangan Sekolah Aman pada data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan kolom isian pada sanitasi di data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan kolom Aktivitas Peserta didik pada tabel MoU Kerjasama untuk Sekolah Menengah kejuruan pada data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan isian nama wajib pajak di form sekolah
[Pembaruan] Menu dropdown di data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan evaluasi komponen pada input kondisi
[Pembaruan] Status tingkat kerusakan
[Pembaruan] Sidebar data periodik sarana, buku dan alat
[Pembaruan] Status kolom "vld"
[Pembaruan] Menu validasi (hanya 1 kali perbaikan)
[Pembaruan] Kolom ID Bank, Rekening Bank, dan Rekening atas nama
[Pembaruan] Kolom nama wajib pajak pada PTK
[Pembaruan] Sidebar daftar kiprah tambahan
[Pembaruan] Menu paging pada tabel PTK
[Pembaruan] Penambahan kolom akseptor KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nama di KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor KKS pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor pendaftaran sertifikat lahir pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom alasan menolak KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom NIK ayah, ibu, dan wali pada Peserta Didik
[Pembaruan] Menu paging pada tabel PD
[Pembaruan] Pengelompokan validasi menurut tabel sekolah, sarpras, peserta didik, ptk, rombongan belajar, pembelajaran
[Perbaikan] Mengubah pengaturan bahasa tampilan standar menjadi bahasa Indonesia
[Perbaikan] Bug tidak sanggup simpan pengguna pada tambah pengguna di hidangan administrasi pengguna
[Perbaikan] Bug tidak sanggup tambah aktivitas pengajaran gres untuk SMA
[Perbaikan] Penonaktifan hidangan tambah/ubah/hapus di tabel pengakuan sekolah dan tabel blockgrant
[Perbaikan] Penyeragaman deteksi kepala sekolah di beranda dan validasi
[Perbaikan] Validasi email dan website pada DuDi
[Perbaikan] Perubahan nama kolom "keterangan" menjadi "spesifikasi"
[Perbaikan] Verifikasi format penulisan NPWP
[Perbaikan] Pengaturan pengisian no SK dan TMT menurut jenis kepegawaian PTK
[Perbaikan] Perubahan nama kolom dari "NIK" menjadi "NIK/No. Passport untuk WNA" pada formulir PTK
[Perbaikan] Penguncian data rw. sertifikasi, inpassing non-PNS pada data rinci PTK
[Perbaikan] Perbaikan nama tab "Buku" menjadi "Buku yang pernah ditulis" pada data rinci PTK
[Perbaikan] Tambah gres PTK pada aplikasi dinonaktifkan
[Perbaikan] Penambahan kolom rujukan "kembali bersekolah"
[Perbaikan] Perubahan penamaan kolom dari "Paket Keahlian" menjadi "Program Pengajaran" pada rombongan belajar
[Perbaikan] Informasi jumlah jam per kelompok matpel pada pembelajaran
[Perbaikan] Unduh excel validasi per kelompok validasi


Aplikasi Dapodik akan senantiasa dilakukan pembenahan, penyempurnaan dan update seiring perkembangan dan tuntutan serta pembiasaan terhadap perubahan dan perkembangan regulasi. Untuk itu, kami senantiasa mengingatkan semoga sekolah terus meningkatkan kualitas data Dapodik baik secara kuantitas maupun kualitas.


Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.


Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen


Informasi Sebelumnya
APLIKASI DAPODIK VERSI 2016
Berikut ini informasi terkait Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016 yang bersumber dari Admin Dapodikdasmen. Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2016/2017 ini Aplikasi Dapodik juga akan memasuki masa baru, dimana akan dirilis Aplikasi Dapodik 2016. Aplikasi Dapodik 2016 yaitu pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2016 sanggup dipakai untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, Sekolah Menengan Atas dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan mekanisme Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data gres lainnya.


Guna mendukung kesuksesan dan kelancaran sekolah dalam melaksanakan pemutakhiran data memakai Aplikasi Dapodik 2016 ini, maka perlu dilakukan beberapa persiapan dan pemahaman semoga proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut yaitu beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh sekolah:




1. Persiapan Komputer server
Sebagaimana diketahui bahwa pendataan Dapodik telah terintegrasi dengan aneka macam system lain untuk melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud. Maka aplikasi Dapodik harus senantiasa di update dan up grade dari sisi fitur dan teknologinya untuk memenuhi aneka macam tuntutan tersebut. Maka dari itu dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini menuntut spesifikasi teknis dari komputer yang cukup baik semoga Aplikasi Dapodik sanggup berjalan dengan optimal. Berikut yaitu spesifikasi teknis yang disarankan:
A. Spesifikasi perangkat keras yang diharapkan adalah:
Processor minimal Pentium Core Duo
Memory minimal 2 GigaByte
Storage tersisa minimal 400 MegaByte
CD/DVD drive kalau instalasi melalui media CD/DVD

B. Spesifikasi perangkat lunak yang diharapkan adalah:
Windows 7 32 & 64 Bit
Windows 8 32 & 64 Bit
Windows 8.1 32 & 64 Bit
Windows 10 32 & 64 Bit
Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768

C. Terpasang web Browser versi baru
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera
Comodo
UC Browser




2. Persiapan SDM, Kode Registrasi dan Akun Aplikasi Dapodik
Peran Operator Dapodik sangatlah penting sebagai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yang pada tahun pelajaran gres ini juga memiliki/menunjuk Operator Dapodik yang gres maka Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasannya. SK tersebut segera didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan(PDSPK) melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Dengan SK penugasan tersebut operator sanggup melaksanakan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan. 

Pada Aplikasi Dapodik 2016 database nya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk memakai Aplikasi Dapodik 2016 sekolah yang sebelumnya memakai Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melaksanakan install ulang memakai Installer Dapodik 2016 dan melaksanakan pendaftaran ulang kembali. Terdapat pengembangan pada methodology pendaftaran pada Aplikasi Dapodik 2016, yaitu sanggup dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methode Off Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Line pendaftaran dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya. Untuk keperluan pendaftaran ini maka Operator Dapodik harus menyiapkan:

A. Kode Registrasi
Siapkan Kode Registrasi aktif untuk sekolah masing-masing, aba-aba pendaftaran akan diharapkan untuk melaksanakan download prefill atau pendaftaran on line. Untuk Sekolah Menengan Atas dan SMK aba-aba pendaftaran sanggup dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, Sekolah Menengah Pertama dan SLB sanggup meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.




B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkan akun aplikasi Dapodik berupa user dan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0) dan telah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user dan password ini akan diharapkan untuk melaksanakan download prefill atau pendaftaran on line. Bagi operator gres (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) sanggup meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator usang atau meminta dibuatkan akun gres kepada:
- KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

3. Persiapan Data
Di tahun pelajaran 2016/2017 yang gres tentunya banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data gres yang harus dimasukkan. Untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awal dan validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka telah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yang telah diisi dan di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data dan pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.

Di Aplikasi Dapodik 2016 juga ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh akhirnya sekolah sanggup mulai mendata siswanya yang telah mendapatkan KIP. Validasi data akan mencakup Nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.



4. Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016
Dalam rangka menawarkan klarifikasi dan pemahaman mengenai pengembangan Aplikasi Dapodik 2016, telah disiapkan Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016. Panduan ini akan berisi klarifikasi singkat mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016, sekaligus sebagai panduan untuk melaksanakan up grade dari aplikasi Dapodik versi usang menjadi Aplikasi Dapodik 2016.
Informasi-informasi diatas penting untuk kami sampaikan diawal sebelum Aplikasi Dapodik 2016 dirilis sebagai bekal pemahaman awal untuk sanggup melaksanakan persiapan-persiapan yang diharapkan sehingga transformasi ke Aplikasi Dapodik 2016 dapat berjalan dengan lebih baik. Sebagai informasi bahwa INSTALLER APLIKASI DAPODIK 2016 dalam waktu bersahabat akan segera dirilis.



Harapan kami informasi diawal ini sanggup menjadi pola bagi segenap stakeholder di sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik dan mendorong tercapainya data Dapodik 100% baik secara kuantitas maupun kualitas. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Ini beberapa perbedaan aplikasi Dapodik versi 2016 dibandingkan aplikasi dapodik atau dapodikdas dan dapodikmen tahun sebelumnya”
Registrasi online tidak memerlukan data prefill  
Registrasi offline memerlukan data prefill  
Gunakan username dan password yang terdaftar di server Dapodik (sama dengan dikala unduh prefill) 
Fungsi tambah PTK Baru dinonaktifkan, tambah data PTK gres sanggup dilakukan oleh KKDATADIK dan Bidang Kepegawaian Dinas pendidikan kabupaten/kota
Ada hidangan Unngah  foto profil pengguna dan foto sekolah
Ada pembaruan hidangan sanitasi
Ada pembaruan hidangan MoU Kerjasama untuk SMK
Ada pembaruan validasi

Lebih lengkapnya tunggu rilis Aplikasi Dapodik Versi 2016 di laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

=========================================





= Baca Juga =



Subscribe to receive free email updates:

loading...