Sscn Bkn Panduan Lengkap Registrasi Cpns 2018 Dan Cetak Kartu Peserta

SSCN BKN Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS 2018 dan Cetak Kartu Peserta | Pembukaan pendaftaran CPNS 2018 akan resmi dibuka pada situs SSCN.bkn.go.id dan proses pendaftaran dalam situs resmi BKN tersebut juga telah lengkap. Pemerintah Indonesia telah resmi membuka pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pada banyak sekali instansi yang ada di Indonesia. Pembukaan pendaftaran ini bertujuan untuk melaksanakan regenerasi pegawai yang sudah masuk dalam usia pensiun. Proses pendaftaran CPNS ini dilakukan dengan cara online dan secara dua tahap.




Pada tahap awal pendaftaran, pelamar melaksanakan pendaftaran diri melalui situ regpanselnas.menpan .go.id, dalam tahap ini pelamar akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang harus sesuai dengan identitas orisinil dari KTP yang pelamar miliki. Setelah itu anda akan mendapatkan tanggapan email sebagai tanda bukti bahwa data diri anda telah diterima oleh pihak panitia seleksi. Isi dari email tersebut yaitu username dan juga password yang harus anda simpan untuk bisa masuk dalam tahapan selanjutnya yakni melalui website SSCN.BKN.go.id.

Situs SSCN.BKN.go.id merupakan situs yang sanggup dipakai oleh pelamar CPNS 2018, situs yang dikelola oleh BKN atau Badan Kepegawaian Negara yang telah bekerja sama dengan panselnas yakni panitia seleksi nasional dalam proses pembuatan sistem yang sedang diperlukan dalam proses pelayanan pendaftaran CPNS 2018.

Berkas Pendaftaran CPNS

Pelamar harus menyiapkan beberapa persyaratan yang dipakai untuk mendaftarkan diri menyerupai :
-     Fotocopy KTP
-     fotocopy SKCK
-    fotocopy Kartu kuning atau kartu pencari kerja
-    pas foto berukuran 4x6, foto yang dipakai harus foto terbaru dan berwarna
-    transkip nilai dan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir

Setelah berkas-berkas tersebut terkumpul, anda sanggup melaksanakan pendaftaran diri sebagai CPNS secara online pada situs SSCN.BKN.go,id, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa koneksi internet anda dalam keadaan anggun dan stabil. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada halangan saat sedang melaksanakan pendaftaran.

Tata cara pendaftaran CPNS di situs SSCN BKN

-    login memakai username dan password yang telah diberikan melalui email oleh panselnas
-    mengisi seluruh formulir pendaftaran yang telah disediakan dan sesuaikan dengan identitas orisinil anda. lakukan proses pengisian formulir dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan penulisan, baik nama ataupun penulisan lain yang bisa menjadikan anda tidak lolos di tahap selanjutnya.
-    Mencetak berkas pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang ada dalam website saat seluruh formulir telah terisi, hasil cetak berkas tersebut merupakan bukti pelamar telah mendaftar CPNS
-    Merapikan seluruh bukti pendaftaran yang telah dicetak menjadi satu
-    Mengirim berkas melalui kantor pos, berkas yang telah pelamar susun ke pihak Panselnas atau BKD yang telah ditentukan
-    Setelah berkas dikirim maka kartu peserta akan dikirim oleh pihak Panselnas yang dipakai dalam tahap uji
Tahap daftar instansi CPNS 2018
-    Masuk ke halaman SSCN bab form pendaftaran, dalam halaman tersebut akan tersedia beberapa gugusan yang disediakan oleh instansi, anda sanggup menentukan gugusan yang sesuai, untuk menentukan jenis insansi sanggup anda lihat pada pengumuman instansi kemudian pilihlah instansi yng anda tuju
-    Setelah itu anda klik “cek”, maka akan menampilkan form pendaftaran. Jika pelamar ingin merubah jenis gugusan dan juga instansi yang dituju maka pelamar sanggup mengklik tombol “cek”. Kemudian data anda akan pada riwayat sebagai pendaftar instansi non SSCN.
-    Instansi yang tampil pada halaman sscn merupakan instansi yang telah membuka pendaftaran sesuai dengan pengumuman yang ada dari instansi tersebut. Anda akan menentukan instansi, bila sudah yakin maka klik Ok supaya masuk dalam form pendaftaran
-    Isi form yang ada yakni mempunyai pendidikan sesuai ijazah yang anda miliki, kemudian menentukan jabatan yang akan anda lamar, jabatan yang tampil telah sesuai dengan pendidikan terakhir peramal yang telah diinputkan
-    Setelah itu akan ada form pilhan lokasi kerja bila instansi yang anda pilih memperlihatkan kewenangan untuk memilih, ada juga pilihan lokasi tes bila instansi juga memperlihatkan kewenangan untuk memilihnya
-    Masukkan nama Perguruan tinggi anda sesuai dengan ijazah, masukkan juga tanggal dan tahun lulus anda sesuai dengan yang ada dalam ijazah. Kemudian pilihlah pengakuan dari sekolah tinggi tinggi dan juga jurusan daerah anda menempuh pendidikan. Namun bila pelamar berpendidikan terakhir SLTA sederajat maka sanggup menentukan pilihan “lainnya”
-    Mengisi nilai IPK untuk lulusan sekolah tinggi tinggi, dan untuk Sekolah Menengan Atas sederajat sanggup mengisi nilai ijazah
-    Sebelum anda tetapkan untuk klik “daftar” anda harus memastika bahwa itu merupakan pilihan terbaik alasannya satu pelamar hanya boleh mendaftar pada satu jabatan di satu instansi dan dalam satu periode.
-    Kemudian sehabis anda yakin maka klik “daftar”
-    Seluruh data pelamar otomatis akan masuk dalam database SSCN dan website akan menampilkan halaman cetak kartu.

Perlu anda ketahui bahwa situs SSCN.BKN.go.id ini tidak hanya berfungsi sebagai situs pendaftaran, namun situs ini juga menyediakan beberapa info penting menyerupai pengumuman tanggal ujian, pengumuman kelulusa dan juga hasil pengujian yang diperoleh peserta pendaftaran CPNS. Anda harus menyimpan dan mengingat username yang telah diberikan alasannya setiap perkembangan proses penerimaan dan pendaftaran CPNS akan selalu terupdate dalam situs ini.

Sebaiknya anda mempersiapkan diri sambil menunggu hasil pengumuman tanggal ujian, bisa dengan cara berguru memahami semua ilmu pengetahuan yang anda butuhkan saat proses pengujian nanti contohnya kemampuan dalam berbahasa indonesia yang benar dan baik, pemahaman anda wacana pancasila, sejarah dari NKRI, dan juga Undang-Undang Dasar 1945, serta tugas negara Indonesia dalam wilayah Nasional ataupun Internasional.

Pihak Panselnas akan meluncurkan pengumuman waktu pelaksanaan ujian bagi pelamar yang telah lolos dalam tahap seleksi administrasi. Pelamar sanggup melihat hasil pengumuman tersebut dengan login ke dalam sistem SSCN.BKN.go.id, bila anda ternyata lulus maka anda akan emnerima kartu ujian yang harus anda cetak dan harus dibawa saat ujian berlangsung bersamaan dengan KTP. Transkip nilai dan juga Ijazah yang asli.

Pada proses pengujian, peserta ujian akan memakai CAT (Computer Assisted Test), dengan CAT tersebut maka peserta sanggup melihat hasil ujian mereka sehabis mengikuti ujian. Hal ini bertujuan supaya hasil ujian mempunyai sifat adil dan juga transparan. Mereka sanggup melihat hasil tamat ujian dann kelulusan yang mereka dapatkan ditentukan dari passing grade (nilai ambang batas) yang telah ditentukan oleh Menteri Reformasi Birokrasi dan Pemberdayaan Aparatur Negara.

Setelah tahap pengujian, peserta akan melalui tahap selanjutnya yakni tahap pengujian fisik dan juga keterampilan. Kondisi fisik pelamar secara keseluruhan akan diperiksa oleh tim Panselnas yang juga dibantu oleh tim medis, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Keterampilan anda dalam bela diri atau renang juga akan diuji dalam tahap ini.

Jika anda telah melewati seluruh proses tes tersebut maka anda dianggap lulus dan anda sanggup melaksanakan pendaftaran ulang, bila peserta yang lulus tidak mendaftar ulang maka akan dianggap gugur atau mengundurkan diri.
Sumber https://www.cpnsnews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...