Panduan Penggunaan Dapodik Paud 2019 V.3.3.0 T.A 2018/2019

 Salam semangat buat rekan-rekan Operator Dapodik di Seluruh Indonesia khusus Operator Dapodik Paud, kabar bangga pada tanggal 24 Agustus 2018 telah dirilis aplikasi Dapodik Offline (PAUD) untuk pengisian data Semester 1 (Ganjil 2018/2019). Ini tentu saja menjadi kabar yang menyenangkan buat para OPS sebab aplikasi ini sudah usang di tunggu-tunggu termasuk admin he..he.. 
Berdasarkan website dapo.paud-dikmas, untuk Aplikasi Dapodik PAUD 2019 terdapat beberapa perubahan secara umum yang terdapat pada versi ini antara lain:


Baca Juga : Aplikasi Dapoidk PAUD dan DIKMAS Online Sudah Rilis serta Cara Penggunaan Dapodik Online

1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi isyarat pendaftaran sepanjang 36 karakter.

Yang biasanya hanya delapan abjad dan itupun koreg yang telah di kasih oleh Dinas. Namun untuk versi kali ini, isyarat pendaftaran sudah bisa didapatkan melalui susukan login manajemen . Seperti apa Kode Registrasi yang terdiri dari 36 karakter, silahkan simak hingga tuntas panduan berikut. 

2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan memakai aplikasi Dapodik secara Offline dan Online. Menyesuaikan dengan kemampuan jaringan di kawasan masing-masing. 

3.  Manajemen PTK (Penambahan, Pengugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan ole Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 

Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) sanggup memakai username dan password Dapodik yang sama dengan tahun anutan lalu, tetapi memakai isyarat pendaftaran 36 karakter. 

 Bagaimana cara mendapat Kode Registrasi 36 Karakter? 

Berdasarkan website dapo.paud-dikmas menjelaskan selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga sanggup mengetahui Kode Registrasi gres dengan login ke administrasi memakai akun Dapodik Tahun anutan lalu.  


 Terus, bagaimana dengan Dapodik Online?

Dapodik online dikala ini masih belum dirilis, dan masih dalam tahap penyempurnaan. Informasi lebih lanjut wacana penggunaan aplikasi dapodik online akan dikabarkan lebih lanjut di website dapo.paud-dikmas.go.id



Selanjutnya, sesuai dengan judul postingan kita kali ini ialah Panduan Penggunaan Dapodik PAUD 2019 v.3.3.0 T.A 2018/2019, baiklah eksklusif saja kita masuk ke penggunaan dapopaud 2019. 

Ada hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melaksanakan Registrasi Dapodik Paud 2019 yaitu:

Jika forum sudah mempunyai username dapodik yang sudah aktif, maka reka-rekan OPS bisa langusng ke tahap Pemilihan Aplikasi dan Metode Sinkronisasi. 


 Berikut ini Cara Pemilihan Aplikasi dan Metode Sinkronisasi sebelum melaksanakan Registrasi dapopaud:


1. Sebelum rekan OPS memakai aplikasi Dapodik offline atau online, tiap-tiap satuan pendidikan harus melaksanakan pemilihan penggunaan aplikasi dan metode sinkronisasi Dapdoik, untuk pemilihan penggunaan aplikasi sanggup dilakukan pada aplikasi administrasi paud dikmas.  Silahkan klik link berikut ini 


Harus diingat kita login memakai "Satuan Pendidikan" bukan "Unit Kerja"

rekan Operator Dapodik di Seluruh Indonesia khusus Operator Dapodik Paud Panduan Penggunaan Dapodik PAUD 2019 v.3.3.0 T.A 2018/2019
Gambar. Login Satuan Pendidikan di Manajemen PAUD DIKMAS


Silahkan login memakai data login aplikasi dapodikpaud semester kemaren (tahun lalu). 

2. Setelah berhasil login, maka akan masuk ke halaman utama administrasi paud menyerupai gambar dibawah ini. 

Gambar. Halaman Utama Manajen PAUD DIKMAS

3. Silahkan klik pada "Satuan Pendidikan" 

Gambar. Klik pada Menu Satuan Pendidikan
Maka akan masuk ke halaman Satuan Pendidikan yang terdapat Data Identitas Lembaga dan pastikan sudah terisi dengan baik dan benar. 

Jika sudah, silahkan klik pada "tombol di sebelah ikon wifi/internet" menyerupai yang ditunjuk arah panah dibawah ini. 

Gambar. Halaman Data Satuan Pendidikan

4. Setelah tombol di sebelah ikon wifi/internet di klik maka kita akan masuk ke halaman "Ubah Metode Sinkronisasi". Disini terdapat beberapa pilihan antara lain:
- Dapodik Online : pengerjaan data dilakukan secara online pada web https://app.paud-dimas.kemdikbud.go.id/dapodik. 

- Dapodik offline /Sinkronisasi online : pengerjaan aplikasi daengan memakai aplikasi yang terinstal pada laptop/PC kita dan melaksanakan sinkronisasi secara online. 

- Dapodik offline/Kirim File (Offline) : pada pengerjaan ini memakai aplikasi dapodik yang sudah terinstal juga dan singkronisasi secara offline dengan mengirim/mengupload file yang dihasilkan aplikasi dapodik. 

Gambar. Halaman Ubah Metode Sinkronisasi


Disini admin memlih "Dapodik Offline/Sinkronisasi Online", kenapa? sebab berdasarkan admin cara ini lebih efektif, terkadang jaringan di tempat admin elok terkadang ndak,,, jadi solusinya mengerjakan entry dapodik sanggup dilakukan secara offline namun untuk sinkron nantinya dilakukan secara online. Seperti gambar dibawah ini. Lalu klik Simpan. 

Gambar. Halaman Pemilihan Metode Sinkronisasi 


Maka proses Pemilihan Aplikasi dan Metode Sinkronisasi telah final dilakukan. 

Harus diingat juga, apabila rekan OPS mengelola lebih dari satu sekolah maka setiap sekolah tersebut harus dilakukan pemilihan aplikasi dan metode sinkronisasi. 
Baca Disini: Solusi Jumlah Peserta Didik tidak Singkron dengan Jumlah Peserta Didik di Manajemen PAUD-DIKMAS

Baca Disini : Cara Mendapatkan NPSN Sekolah  
Setelah tahapan ini selesai, tahapan selanjutnya yang harus kita lakukan ialah DOWNLOAD APLIKASI DAPO PAUD, untuk selengkapnya silahkan ikuti terus blog ini ya...  

Demikianlah warta yang sanggup admin bagikan, biar bermanfaat dan terimakasih... 




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...