Fungsi Action Sajian Pada Tab Penerima Didik, Ptk, Dan Sarpras


Salam semangat buat rekan-rekan operator dan Bunda PAUD, kali ini admin ingin membuatkan pengalaman pada ketika awal-awal menjadi Operator Dapodik tepatnya di tahun 2017 semester ganjil, admin alhamdulillah di minta oleh beberapa sekolah untuk menjadi operator Dapodik. 

Alhamdulillah admin mulai mengerjakan dapodik, admin memulai semuanya dari data yang baru, jujur untuk mengentry banyaknya data tersebut menciptakan admin  kewalahan sebab tidak hanya satu sekolah yang harus diselesaikan masih ada dua sekolah lagi. Tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar berkat pertolongan bunda paud juga. 

Seiring berjalan waktu admin mencoba mencari gosip mengenai dapodik...akhirnya admin menemukan cara terefisien dalam mengerjakan dapodik ini ialah Melalui penggunaan Menu Action yang ada pada Tab Sarpras, PTK, Peserta Didik dan Rombongan Belajar.

Baiklah pribadi saja admin menjabarkan apa-apa saja Menu yang ada pada Tab Menu Action itu.


Tab Menu Action Pada Menu Sarpras

Gambar. Tampilan Tab Menu Action Sarpras di dapopaud v.3.3.0
Pada action menu sarpras terdapat pilihan Lanjutkan Data Periodik. Pilihan ini berfungsi untuk melanjutkan data periodik dari Tahun Ajaran 2018/2019 di semester ganjil untuk di lanjutkan di semester genap. Pilihan ini sanggup kita gunakan apabila data sarpras pada dapodik PAUD tidak muncul sehabis dilakukan installasi dapodik baru. (dapopaud semester genap)

Baca Juga : Panduan Penggunaan Dapodik PAUD 2019 v.3.3.0 T.A 2018/2019
Baca Juga : Cara Registrasi Dapodik PAUD 2019 v.3.3.0 Semester Ganjil 2018/2019 
Baca Juga : Cara Registrasi Penguna Baru di Dapodik PAUD 2019
Baca Juga : Solusi Gagal Mengirim Data Registrasi Dapodik PAUD 2019 di 30% 

Gambar. Tampilan Tab Action Menu Sarpras di dapopaud v.3.2.1


Pada action sajian sarpras terdapat pilihan Lanjutkan Data Periodik. Pilihan ini berfungsi untuk melanjutkan data periodik dari Tahun Ajaran 2017/2018 di semester ganjil untuk di lanjutkan di semester genap. Pilihan ini sanggup kita gunakan apabila data sarpras pada dapodik PAUD tidak muncul sehabis dilakukan installasi dapodik baru. 


Tab Menu Action Pada Menu PTK 


Pada action sajian PTK terdapat tiga pilihan ialah Filter PTK Berdasarkan Penugasan (untuk menyaring PTK menurut penugasan), Salin Penugasan, Unduh Excel. 

Pada ketika rekan OPS atau bunda PAUD telah berhasil pendaftaran Dapopaud 2019, kemudian menemukan data kosong pada sajian PTK silahkan gunakan Tab Action Menu " Salin Penugasan" untuk menampilkan data-data PTK. 


Baca Juga : Cara Reset Pengguna Aplikasi Dapodik PAUD 2019 untuk mengatasi gagal registrasi


Tab Menu Action Pada Menu Peserta Didik

Gambar. Tampilan Tab Menu Action Peserta Didik di dapopaud v.3.2.1
Gambar. Tampilan Tab Action Menu Peserta Didik di dapopaud v.3.3.0

Pada action menu ini terdapat beberap sub sajian diantaranya Lanjutkan Data Periodek PD, Unduh Excel. 


Baca Juga : Cara Meluluskan Peserta Didik Tingkat Akhir pada Semester Genap 2017/2018 di Dapopaud 2019

Sub Menu Lanjutkan Data Periodek berfungsi untuk menyalin semua Data Periodik Peserta Didik yang aktif dari Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Ganjil untuk diteruskan pada Data Periodik Semester Genap 2017/2018. Begitu juga untuk Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil untuk diteruskan pada Data Periodik Semester Genap 2018/2019. 


Sub Menu Unduh Excel berfungsi untuk mengunduh data dokumen akseptor didik dalam bentuk format Microsoft Excel, dan tentunya sesuai dengan apa yang operator telah inputkan. 




Tab Menu Action Pada Menu Rombongan Belajar 

Salah satu sajian yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para operator dan bunda PAUD ialah menu rombongan belajar, sebab dari pengalaman admin... ini cukup menyulitkan admin pada ketika itu apalagi dalam pengaturan JJM (Jumlah Jam Mengajar). 
Dan pada sajian Rombongan Belajar ini terdapat sub sajian Lanjutkan Semester, adapun fungsi dari sub menu ini  untuk menyalin atau melanjutkan rombongan berguru semester ganjil di tahun pelajaran 2017/2018 ke semester genap 2017/2018 (ganjil 2018/2019 ke semester genap). Caranya admin cukup mengklik sub menu Lanjutkan Semester kemudian sesuai kan dengan rombel pada dapodik anda. Nantinya rombongan berguru di semester ganjil masuk ke semester genap. 


Gambar. Tampilan Tab Menu Action Rombel

Setelah rombongan berguru nya tersusun kini operator tinggal mengatur Jumlah Jam Mengajar Pendidik yang ada pada sajian penugasan. 



Demikianlah klarifikasi mengenai fungsi action menu pada tab Peserta Didik, PTK dan Sarpras. Semoga Bermanfaat. 

Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...