Cara Unggah Fhoto Dan Kop Surat Di Aplikasi Dapodik Semester Ganjil 2018/2019


Salam semangat buat rekan-rekan Operator Sekolah dan Bunda PAUD, hari ini admin mau membahas mengenai bagaimana cara Unggah Fhoto dan Unggah KOP pada aplikasi Dapodik PAUD 2019. 

Updated from : Cara Unggah Fhoto dan Kop Surat di Aplikasi Dapodik Semester Genap 2018

Dimulai dari dapopaud semester genap 2017/2018: Pada aplikasi Dapodik PAUD Semester Genap ini terdapat beberapa sajian gres dan salah satu nya adalah Menu "Unggah KOP", Menu ini berfungsi sebagai kop surat untuk "Profil PTK" yang ada pada sajian PTK. Maksudnya ibarat gambar dibawah ini. 

 hari ini admin mau membahas mengenai bagaimana cara Unggah Fhoto dan Unggah KOP pada apli Cara Unggah Fhoto dan Kop Surat di Aplikasi Dapodik Semester Ganjil 2018/2019
Contoh Hasil Unggah KOP Surat di Halaman Profil PTK 


Selain itu, pada halaman beranda atau utama Dapodik terdapat gambar sekolah yang masih kosong, oleh sebab itu operator juga harus mengunggah fhoto sekolah yang terdapat pada Menu "Unggah Photo". 

Begitu juga  Dapodik PAUD 2019 terdapat sajian Unggah Fhoto dan Kop Surat. 

Pertanyaan dari Operator/Bunda PAUD:

Bagaimana supaya ukuran gambar atau photo sesuai dengan yang ditentukan aplikasi nya sehingga Fhoto sanggup di unggah. 

Baiklah, untuk menjawab pertanyaan para rekan operator ataupun bunda PAUD disini admin bakalan memberikan  langkah-langkahnya:


Cara Unggah Fhoto di Aplikasi Dapodik PAUD 2019 

1.Rekan-rekan operator dan Bunda PAUD, harus sudah menyediakan fhoto sekolah. Terserah mau ukuran nya berapa, sebab kita akan mengatur ulang atau resize fhotonya nanti. 

2.Silahkan buka editor atau aplikasi untuk edit fhoto, dalam hal ini admin memakai editor "PAINT". Caranya: pada tombol Start > pada search program ketikkan PAINT > Kemudian tampil ibarat dibawah ini kemudian klik lah editor PAINT tersebut. 




3.Kemudian kita masuk ke halaman PAINT ibarat gambar dibawah ini. Terus apalagi yang harus kita lakukan?



4.Selanjutnya pada Menu "HOME" > klik Paste > Paste Form. 



5.Kemudian kita akan dialihkan untuk mencari file fhoto dimana kita simpan. Contohnya ibarat gambar dibawah ini, kalau file fhoto sudah ditemukan > klik fhoto tersebut > klik Open



6.Kemudian, kita kembali dialihkan ke halaman PAINT beserta file fhoto yang telah kita pilih tadi, ibarat gambar dibawah ini.  



7.Selanjutnya kita masuk ke tahap mengatur ukuran fhoto atau reszie fhoto sesuai dengan ketentuannya yaitu: 330 x 105. Agar ukuran fhotonya mendekati ukuran yang telah ditetapkan, rekan-rekan operator dan bunda PAUD harus mengecilkan gambar nya kira-kira 50%. Kemudian pada group image > pilih Resize. Maka akan masuk ke halaman Resize dan Skew > Lalu pada By pilih Pixels > Pada Horizontal aturlah ukurannya sesuai dengan ketentuan yang telah disebut kan tadi. Begitu juga dengan Vertikal > Klik OK. 



Hasil Resize nya Seperti Gambar Ini, selanjutnya jangan lupa di Simpan File Fhotonya. 

Tahapan Selanjutnya yang harus dilakukan:
Catatan: Disini admin memakai teladan tampilan dari Dapopaud v.3.2.1 di semester genap 2017/2018 sebab cara nya juga sama di Dapopaud 2019

8.Kita kembali membuka aplikasi Dapodik PAUD dan pilih Menu "Unggah Photo", masuk ke halaman Pilih Photo kemudian klik pada gambar yang admin lingkar hitam di bawah ini untuk selanjutnya kita dialihkan ke halaman pencarian fhoto yang telah kita resize diatas tadi > Lalu pilih fhoto tersebut > Jika sudah terpilih alhasil ibarat teladan dibawah ini: c:\fakepat\8. hasilresize.png. (ini maksudnya admin menyimpan file fhotonya pada folder c dengan nama file fhoto hasil resize.png >selanjutnya klik "Save" .



9.Jika fhoto yang kita unggah telah berhasil maka akan muncul pemberitahuan ibarat dibawah ini. Selanjutnya reload / refresh  kembali halaman dapodik PAUD anda. 




10.Hasilnya ibarat dibawah ini. 



Mudahkan rekan-rekan operator dan Bunda PAUD, mungkin adalagi tutor yang lebih gampang dan cepat dibandingkan dengan tutor admin pada hari ini, tapi mudah-mudahan semoga ini bermanfaat. 

Terus... Untuk unggah KOP Suratnya bagaimana...?

Caranya tidak lah jauh berbeda dengan Unggah Fhoto tadi,,, 

Adapun langkah-langkan Unggah KOP Surat ibarat berikut ini:

Cara Unggah KOP Surat di Aplikasi DAPODIK PAUD 2019

1. Pastinya rekan-rekan operator dan bunda PAUD harus menyediakan KOP Surat Sekolah terlebih dahulu. Contohnya ibarat gambar dibawah ini. 



2.Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah kita masuk ke editor PAINT, disini admin tidak akan menjabarkan nya lagi secara detail sebab admin yakin rekan-rekan operator dan bunda PAUD sudah paham dengan klarifikasi diatas. 

3.Lalu atur lah atau resize ukura kop surat sesuai dengan ketentuan adalah sama dengan ukuran fhoto tadi 330x105 dalam bentuk pixel

4.Setelah tamat jangan lupa di Save > Masuk ke aplikasi dapodik kembali > pilih Menu "Unggah KOP" > pada halaman pilih photo klik tombol yang admin lingkar dibawah ini > kemudian pilih file kop surat yang telah di resize tadi > Klik Save



5.Selanjutnya,jika unggah kop berhasil maka akan muncul pemberitahuan Success. Dan jangan lupa untuk reload atau refresh dapodiknya. 

Untuk alhasil ibarat gambar di bawah ini. 



Alhamdulillah, tamat pula kiprah kita untuk Unggah Fhoto dan Unggah KOP, mungkin bagi sebagian rekan-rekan operator ini sudah mudah, tapi alangkah baiknya kita membuatkan ilmu supaya bagi yang belum paham menjadi paham dan mengerti. 

Demikian tutorial untuk unggah photo dan kop, semoga bermanfaat. Jangan lupa di share juga ya... 

Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...