Tutorial Pendaftaran Operator Sekolah Di Website Sdm Kemdikbud Hingga Tuntas


Cara pendaftaran operator sekola di SDM kemdikbud lengkap  Tutorial Registrasi Operator Sekolah di Website SDM Kemdikbud Sampai Tuntas



Salam semangat buat rekan-rekan operator sekolah dan terkhusus Bunda PAUD, kali ini admin mau membahas mengenai bagaimana cara pendaftaran operator sekolah di website SDM Kemdikbud

Mungkin jadi pertanyaan bagi rekan-rekan operator, kenapa harus melaksanakan pendaftaran operator di sdm kemdikbud? Melakukan pendaftaran operator ini dapat dikatakan wajib harus dilakukan alasannya yakni salah satu kiprah dari operator yaitu untuk melaksanakan verval data, jadi untuk melaksanakan verval ini operator harus mempunyai akun operator terlebih dahulu melalui pendaftaran di web SDM Kemdikbud. 

Adapun manfaat dari pendaftaran ini yaitu:

1.Apabila akun operator sekolah sudah aktif pada website SDM Kemdikbud, akun tersebut dapat dipakai untuk melaksanakan verval lembaga, Verval PTK, dan Verval Peserta Didik. Verval ini dilakukan apabila data pada aplikasi dapodik paud khususnya sudah terkunci atau tidak dapat di edit lagi, dapat memakai akun SDM Kemdibud untuk melaksanakan pengajuan perbaikannya. 

2.Akun ini juga dapat dilakukan untuk melaksanakan pengajuan NUPTK para GTK melalui Verval PTK. 

Itulah sebagian manfaat dari pendaftaran operator sekolah. 


Selanjutnya, apa saja yang harus kita persiapkan untuk melaksanakan pendaftaran ?

Berikut ini admin, akan menjelaskan apa-apa saja yang dipersiapkan:

1. Operator Sekolah harus sudah mempunyai Surat Tugas Operator, kemudian Surat tersebut di scane dalam bentuk .pdf dengan ukuran maksimal 2MB. Bagi rekan-rekan operator yang belum mempunyai Surat Tugas /SK Operator, berikut admin cantumkan Contoh SK Operator Sekolah KB. Rekan-rekan dapat menyesuaikan formatnya dengan sekolah masing-masing. 

Cara pendaftaran operator sekola di SDM kemdikbud lengkap  Tutorial Registrasi Operator Sekolah di Website SDM Kemdikbud Sampai Tuntas
Gambar. Contoh Format SK Pengangkatan Tenaga Operator Sekolah

Cara pendaftaran operator sekola di SDM kemdikbud lengkap  Tutorial Registrasi Operator Sekolah di Website SDM Kemdikbud Sampai Tuntas
Gambar. Contoh Format SK Pengangkatan Tenaga Operator Sekolah


2. Nama operator sekolah sesuaikan dengan yang tertulis di Surat Tugas /SK. 

3. Persiapkan nomor HP operator sekolah yang aktif.

4. Email langsung disarankan memakai email/username dan password di aplikasi dapodik paud supaya gampang diingat.


Selanjutnya kita masuk ke Tahap Registrasi Opearator Sekolah di Website SDM Kemdikbud. 

1. Klik alamat website ini: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/



2.Setelah masuk kehalaman utama website sdm.data.kemdikbud.go.id > pilih Menu "Registrasi Anggota" > "Operator Sekolah".  

Gambar. Halaman utama website sdm.data.kemdikbud.go.id

3.Selanjutnya masuk ke halaman Registrasi Operator Sekolah.
Isikan:

-Nama Lengkap Operator Sekolah sesuai dengan di SK. 
-Email langsung disarankan memakai email dan password di aplikasi dapodik paud. 
-No.HP gunakan no.hp yang aktif.
-Tempat Lahir
-Tanggal Lahir
-Jenis Kelamin
-Provinsi 
-Kabupaten
-Kecamatan 
-Sekolah 
-Surat Penugasan, pada kolom ini upload lah SK yang telah di scan dalam format .pdf. 

Lalu Klik Registrasi.  
  
Gambar. Halaman Registrasi Operator Sekolah

4. Berikut ini yakni pola pengisian form registrasi:

Gambar. Contoh Pengisian Registrasi Operator Sekolah

Setelah tombol pendaftaran di klik, nanti akan muncul pemberitahuan sebenarnya data rekan-rekan telah berhasil terkirim dan menunggu konfirmasi dari satuan dinas pendidikan. Prose menunggu konfirmasi ini usang atau cepat nya tergantung dari dinas tersebut. 

Kemudian untuk melihat apakah akun operator rekan-rekan sudah terdaftar atau belum, simak langkah-langkah dibawah ini:




Klik pada sajian Status Pendaftaran > Kemudian tampil halaman Cek Status Pendaftaran > Lalu pada Email Pribadi isikan Email pada ketika anda melaksanakan pendaftaran atau pendaftaran tadi > Kemudian klik Cek. 



Jika muncul pemberitahuan "Akun sudah aktif, silahkan login", berarti akun operator telah berhasil didaftarkan dan rekan-rekan sudah dapat melaksanakan login di web SDM Kemdikbud. 

Berikut ini cara untuk melaksanakan login di web SDM Kemdikbud:

1.Pada halaman ini Klik Menu "Login". 


2.Selanjutnya masuk ke halaman login, isikanlah Username dan Password yang telah di aktivasi atau didaftar tadi > Klik tombol Login.  


3.Login berhasil  kesudahannya ibarat gambar yang ditunjukkan panah dibawah ini. Selanjutnya rekan-rekan sudah dapat melaksanakan verval pd, verval ptk dan verval lembaga. 



Sebelum mengakhiri tutorial pada kali ini admin pernah mengalami akun operator tidak di terima alias ditolak, gambarannya ibarat di bawah ini.


Terus apa yang admin lakukan... admin kembali melaksanakan Registrasi dengan melampirkan halaman utama (data lengkapnya), sesudah beberapa hari kemudian alhamdulillah akun admin sudah di terima. 


Demikianlah tutorial pada kali ini, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang masih gres di dunia operator,,, maupun yang sudah usang bergelut di dunia operator. Terimakasih... Jangan lupa di share ya rekan-rekan... 

Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...