Tanya Jawab Seputar Dapodik Paud 2018/2019

rekan Operator Sekolah ataupun Bunda PAUD Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019

Salam semangat buat rekan-rekan Operator Sekolah ataupun Bunda PAUD, pada postingan kali ini admin ingin menyebarkan informasi seputar Tanya Jawab dari Operator Dapodik PAUD dan Solusi

Sebelum kita masuk ke pembahasan, admin ingin megucapkan terimakasih kepada rekan-rekan sekalian yang selalu mengikuti perkembangan blog admin terkhusus di setiap postingan Dapodik PAUD. Semoga dengan adanya blog admin ini sanggup membantu kita semuanya dalam menuntaskan kiprah rekan OPS PAUD.

Pada postingan kali ini admin akan menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang telah rekan OPS PAUD sampaikan di blog admin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan lainnya. 

So, dengan tidak memanjangkan kata-kata eksklusif kita masuk ke pembahasan kita pada kali ini. 

Kumpulan Tanya Jawab dari Operator Dapodik PAUD dan Solusi

Pertanyaan dari tanggal 27 Agustus - 16 September 2018
1. Pertanyaan dari @Cakra Buana 

" - Tidak sanggup login administrasi paud-dikmas dengan memakai Satuan Pendidikan, tapi Unit kerja sanggup login, bagaimana solusinya?
  - Bagaimana cara mendapat isyarat registrasi?"

Solusi : 

- Apabila rekan tidak sanggup login memakai satuan pendidikan, silahkan lakukan daftar baru, bagaimana caranya silahkan...
Baca Disini: Cara Mendaftar Pengguna Baru di Manajemen PAUD
Harus diingat, apabila rekan melaksanakan daftar gres silahkan minta isyarat pendaftaran kepada Operator Dinas Pendidikan Setempat. 

- Cara mendapat isyarat registrasi, bagaimana caranya silahkan... 
Baca Disini : Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik PAUD 2018/2019

2. Pertanyaan dari @Setia Budi

" Pada ketika login di manajemen.paud-dikmas, ketika menentukan satuan pendidikan selalu error occured while processing your request, bagaimana solusinya?"

Solusi :

Permasalahan menyerupai ini sanggup disebabkan:
- Jaringan yang kurang bagus
- Manajemen paud banyak yang akses, sehingga muncul pemberitahuan menyerupai itu, solusinya silahkan rekan coba lagi diwaktu malam hari. 

Baca Disini: Panduan Penggunaan Dapodik PAUD v.3.3.0 2018/2019

3. Pertanyaan dari @Alud Patah Hidayatullah

" Bagaimana bila salah menentukan metode sinkronisasi, trus di rubah pada ketika sinkronisasi, sehingga susah untuk disingkronkan".

Solusi: 
- Apabila terdapat permasalahan menyerupai itu, silahkan agan lakukan pendaftaran dapodik paud kembali, sebelum melaksanakan pendaftaran silahkan ganti metode sinkronisasi di administrasi paud, sehabis itu lakukan pendaftaran kembali. Ingat data yang dipakai tetap sama pada ketika melaksanakan pendaftaran sebelumnya. 

Baca Disini : Cara Memilih Metode Sinkronisasi dan Kode Registrasi 36 Karakter di Dapodik PAUD v.3.3.0

4. Pertanyaan dari @erwan

" Gagal install hanya hingga 30% saja, muncul belum verifikasi ke administrasi paud padahal sudah berulang kali verifikasi, kemudian saya lakukan reset pengguna".

Solusi: 

Apabila rekan mengalami hambatan gagal install hanya hingga 30%, silahkan rekan check informasi berikut ini dikarenakan telah admin berikan solusinya. 
Baca Disini : Solusi Gagal Registrasi Dapodik PAUD hingga 30% saja. 

5. Pertanyaan dari @unknown

" Dapodik online kenapa tidak sanggup menambah penerima didik, tidak sanggup tersimpan, padahal data sudah diisi dengan lengkap".

Solusi : untuk permasalahan ini admin kurang tau niscaya apa permasalahannya, lantaran admin dalam melaksanakan input dapodik memakai Dapodik Offline atau metode sync Offline/Sync Online. Sehingga permasalahan menyerupai ini admin kurang tau. Tapi, sedikit banyaknya admin akan mencoba menjawab pertanyaan rekan. 

Pastikan jaringan yang rekan gunakan bagus. Biasanya hambatan menyerupai ini terjadi lantaran jaringan kurang bagus. 

6. Pertanyaan dari @ Furinda Nurira Afifi

" Mengirim data gagal. Penyebab gagal mengirim data: Maff sinkronisasi lembaga ini bukan pendaftaran terakhir (ID Komputer tidak sama)". 

Solusi : 

Apabila rekan mendapati permasalahan menyerupai ini silahkan lakukan Registrasi Dapodik Kembali, tetap gunakan data Registrasi Dapodik sebelumnya. Barangkali menjadi pertanyaan bila pendaftaran kembali apakah data yang sudah di inputkan hilang?
Jangan khawatir, data yang sebelumnya sudah kita input tidak akan hilang tapi data tahun kemaren dengan data tahun ini akan bergabung. So, rekan OPS akan meluluskan penerima bimbing tahun kemaren. 
Untuk informasi selengkapnya, silahkan rekan check berikut ini. 

Baca Disini: Solusi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD di 40% 

7. Pertanyaan dari @unknown

" Berapa usang sehabis disinkronkan data masuk di administrasi paud?"

Solusi: 

Pengalaman dari admin, data yang telah di sinkronkan eksklusif terupdate di administrasi paud dan terkadang kita juga harus menunggu sekitaran 2 hingga 3 hari semoga terupdate di administrasi paud. 

Baca Disini : Panduan Penggunaan Dapodik Online

8. Pertanyaan dari @unknown

" Apabila ada Peserta Didik yang sudah diluluskan namun ketika masuk rombel masih ada di rombel?"

Solusi : 

Pengalaman admin kasus menyerupai itu, data penerima bimbing sudah diluluskan namun masih ada di rombel solusinya silahkan rekan check informasi berikut.

Baca Disini: Solusi Data Peserta Didik yang Sudah di Luluskan Namun Masih Ada di Rombel

9. Pertanyaan dari @unknown

" Bagaimana cara sinkronisasi dapodik online?".

Solusi: 

Apabila kita memakai Dapodik Online, kita tidak perlu lagi melaksanakan sinkronisasi lantaran setiap data yang di input di dapodik online secara eksklusif sudah sinkron. 

Baca Disini: Cara Sinkronisasi Dapodik Online

10. Pertanyaan dari @ unknown 

" Saya sudah input data dapodik online, saya cek di administrasi paud data sekolah bleum sinkron, kira-kira duduk kasus apa dan apakah pengerjaan secara online sudah sinkron atau belum ya?".

Solusi: 

Data dapodik sinkron dua hingga tiga hari sehabis singkronisai, terkadang sehabis sinkron eksklusif terupdate. 

11. Pertanyaan dari @Syerly Christina Siregar

" Saya pegang 2 dapodik PAUD, 1. Taman Kanak-kanak dan 1.KB, saya ada hambatan dalam dapopaud yang punya KB, ketika ini saya mau keluarkan siswa yang sudah naik jenjang ke Taman Kanak-kanak A. Didalam kolom pendaftaran ada pilihan Lulus, Mutasi, Dikeluarkan, Mengundurkan diri, dan lain-lain. Mana yang harus dipilih? Karena gres menemukan duduk kasus menyerupai ini?"

Solusi: 

Didalam kolom pendaftaran rekan menentukan Lulus, kenapa? lantaran menurut pertanyaan rekan ingin mengeluarkan siswa yang sudah naik jenjang ke Taman Kanak-kanak A, otomatis penerima tersebut (KB) sudah lulus dan akan memasuki jenjang TK. 

12. Pertanyaan dari @unknown

" Mau cari koreg sanggup dengan cara lain ga? lantaran sudah login pakai user/pass asal tidak masuk juga jalan masuk invalid".

Solusi:

Solusinya rekan menghubungi Operator Dinas Pendidikan setempat, semoga dapodik sekolah rekan di reset. Dan jangan lupa untuk meminta isyarat registrasinya. Karen sehabis di reset Operator Dinas harus melaksanakan Daftar Baru. Bagaimana caranya? Silahkan check informasi berikut ini. 

Baca Disini: Cara Registrasi Pengguna Baru di Manajemen PAUD

13. Pertanyaan dari @Febby Aini Dewi

" gan, saya kan OPS baru, udah ada user/pass pun, perlu pendaftaran username gres ga? SK Operator upload tu utuk apa? bagaimana solusinya?".

Solusi:

- Apabila rekan sudah mempunyai username/password untuk login dapodik, silahkan pastikan terlebih dahulu apakah login tersebut sanggup digunakan, caranya silahkan jalan masuk administrasi paud, selanjutnya pilih Satuan Pendidikan dan lakukanlah login. Apabila berhasil rekan tidak perlu melaksanakan daftar gres lagi dan sebaliknya apabila gagal silahkan lakukan registrasi  pengguna baru. 

- Mengenai SK Operator, SK Operator dipakai untuk mendaftar di sdm.data.kemdikbud. Untuk apa gunanya? guna kita mendaftar di website tersebut semoga kita sebagai operator sanggup mengakses vervalptk, verpalpd dan verval lembaga. 





Demikianlah kumpulan pertanyaan yang telah admin kumpulkan dari tanggal yang telah disebutkan diatas, mohon maaf apabila ada pertanyaan rekan-rekan yang belum ditampilkan, lain waktu untuk pertanyaan selanjutnya akan di update di postingan selanjutnya. 

Silahkan periksa disini untuk Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD Part II

Mohon maaf apabila balasan kurang memuaskan, dan saran dari rekan semuanya sangat diperlukan untuk membantu kita semuanya. Semoga lembaga tanya jawab ini sanggup bermanfaat buat kita semuanya. 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...