Penting! Batas Final Pengambilan Data (Cut Off) Dapodikdasmen Versi 2019

 pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan informasi mengenai  Penting! Batas Akhir Pengambilan Data (Cut Off) Dapodikdasmen versi 2019


Salam semangat buat rekan-rekan OPS khususnya Dapodikdasmen, pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan informasi mengenai Batas Akhir Pengambilan Data (Cut Off) Dapodikdasmen 2019. Ini sangat penting harus diketahui oleh semuanya sebab ini besar lengan berkuasa apabila data dapodikdasmen masih belum sinkron terhadap Program BOS Triwulan IV Tahun 2018

Untuk informasi selengkapnya, silahkan rekan-rekan simak informasi berikut ini. Bersumberkan dari dapo.dikdasmen


Yang terhormat, 
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 
Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
Kepala Sekolah SD, SMP, SLB , Sekolah Menengan Atas dAN SMK
Operator Dapodik
di Seluruh Nusantara 



Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5749/D/R/2018 tentan Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019, telah disampaikan bahwa sekolah harus melakukan sinkronisasi/pengiriman data semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 mengggunakan aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 sampai dengan tanggal 21 September 2018. Namun demikian dari pengecekan data di server Dapodikdasmen per-tanggal 12 September 2018 diketahui bahawa masih banyak sekolah dengan status partisipasi BOS yaitu "menerima" (pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab "Ya"), akan tetapi belum melaksanakan sinkronisasi (Daftar sekolah sanggup diundah pada lampiran berita). 

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota semoga kembali menginstruksikan ke seluruh satuan pendidikan di wilayah binaannya sesuai dengan kewenangannya supaya melaksanakan pemutakhiran data melalui aplikasi Dapodikdasmen 2019. Demikian juga LPMP dan Pengawas Sekolah dengan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk melaksanakan verifikasi dan validasi data Dapodikdasmen sesuai dengan kewenangannya pada wilayah binaan masing-masing.

Beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan terkait kelengkapan data Dapodik untuk pengambilan data/cut off untuk kegiatan BOS sebagai berikut:

1. Data siswa yang akan terhitung yaitu data siswa pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. 

2.  Data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, dan jenis rombel yang dihitung yaitu Rombel Reguler, Terbuka dan Kelas Jauh sedangkan Rombel Teori, Praktek dan Ekskul tidak dihitung. 

3. Khususnya untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan harus memperhatikan pengisian data kegiatan pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian sebagai berikut:

SMA yang gres tahun pertama menerapkan Kurikulum 2013
Kelas X = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasa

SMA Kurikulum 2013
Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial

SMK yang gres tahun pertama menerapkan Kurikulum 2013
Kelas X = Program Keahlian
Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian

SMK Kurikulum 2013
Kelas X = Program Keahlian
Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian

4.  Data Rombongan Belajar harus diisikan WALI KELAS

5. Rombongan Belajar harus diisikan lengkap hingga dengan data pembelajaran dan jadwal pelajaran.

6. Data siswa disarankan melalui proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id.


Sekolah dihimbau untuk dengan seksama memperhatikan kelengkapan dan kevalidan datanya. Apabila data yang diisikan tidak lengkap maka TIDAK AKAN TERHITUNG untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sumber : dapo.dikdasmen

Demikian informasi yang  sanggup admin bagikan,  semoga bermanfaat dan terimakasih... 

Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...