Panduan Penggunaan Dapodik Paud Dan Dikmas Online 2019

Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online  Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019


Salam semangat buat kita semuanya. Kabar Gembira bagi rekan-rekan Operator Sekolah atau Lembaga Dikmas, bergotong-royong Aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online telah resmi dirilis pertanggal 3 September 2018. Berikut ini informasinya:


Berdasarkan isu dari situs web dapo.paud-dikmas, mulai tanggal 3 September 2018 Dapodik PAUD dan DIKMAS Online resmi di buka. Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Online sanggup di terusan oelh Satuan/Lembaga PAUD dan Pendidikan Masyarkat (Dikmas) melalui alamat :

http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Bagi Lembaga PAUD 

Bagi forum PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) aplikasi ini sanggup dipakai jikalau menentukan "Dapodik Online" sebagai metode sinkronisasinya. Bagi rekan-rekan OPS yang belum melaksanakan pemilihan metode sinkronisasi silahkan disimak isu berikut ini.

Baca Disini: Cara Melakukan Pemilihan Metode Sinkronisasi 

Jika Operator sudah mempunyai akun Dapodik, silahkan mulai memakai "Dapodik Online", login menggunakan akun Dapodik Offline yang sudah dimiliki.  

Jika Operator menentukan "Dapodik Offline/Sync Online" atau "Dapodik Offline/Kirim File", Operator masih sanggup login ke Dapodik Online, tetapi hanya bersifat read-only dan tidak sanggup melaksanakan penambahan, pengubahan atau pembatalan data. Dalam metode read-only Operator sanggup melaksanakan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Penggunaan Aplikasi Dapodik Online atau Dapodik Offline sepenuhnya diserahka npada masing-masing satuan pendidikan. Jika satuan pendidikan berada pada kawasan dengan koneksi internet yang dirasa cukup baik dan sanggup selalu online , diasarankan memakai Dapodik Online, tetapi jika berada pada kawasan yang koneksi internetnya dirasa kurang baik, maka sanggup memakai Dapodik Offline


Bagi Lembaga DIKMAS 

Bagi forum Dikmas (PKBM, SKB, LKP) aplikasi ini menggantikan Aplikasi Dapodikmas. User dan password yang dipakai sama dengan Dapodikmas. Semua data yang sudah ada diisikan di Dapodikmas otomatis dimigrasikan ke Dapodik Online

Dapodik Online tidak memerlukan instalasi ke komputer/laptop, tidak mperlu sinkronisasikan jikalau ingin merngirimkan data dan sanggup dipakai di perangkat PC/Laptop Windows/Mac, Tablet dan Smartphone dengan bermacam-macam Operating System yang mempunyai browser modern.  


Barangkali menjadi pertanyaan buat kita semuanya, Bagaimana kalau Satuan Pendidikan tersebut sudah melaksanakan pendaftaran dan installasi Dapodik PAUD khususnya secara offline? 

Jangan khawatir rekan-rekan semuanya, admin juga telah melaksanakan pendaftaran dan installasi secara Offline atau tepatnya memakai metode sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online". Karena lebih dulu mengerjakan dapodik paud sebelum Dapodik PAUD Online dirilis. 
Meskipun demikian, bagi kita yang telah memakai Dapodik PAUD secara Offline masih sanggup mengakses Dapodik Online, namun sebatas read-only dan tidak sanggup melaksanakan penambahan, pengubahan atau pembatalan data. Dalam metode read-only Operator sanggup melaksanakan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum. 

Tapi apabila ditanyakan mana yang lebih baik? Saran dari admin lihat dulu kondisi di tempat kita apakah jaringan internet mendukung, kalau tidak sebaiknya kita memakai Metode Sinkronisasi "Dapodik Offline/Sync Online", toh kita juga di bolehkan terusan Dapodik Online walaupun sudah install Dapodik Offline. Juga kelebihan Offline ini kita sanggup input data akseptor bimbing secara santai tanpa khawatir nanti data tidak tersimpan alasannya yaitu jaringan tidak bagus. Bukan berarti yang Online kurang anggun ya, malahan sebenarnya yang Online ini lebih anggun alasannya yaitu kita sanggup terusan dimana saja tanpa harus install aplikasi lagi... Itu tergantung kondisi tempat kita masing-masing,,,, itu saran dari admin he..he... 

Setelah kita membahas mengenai rilis aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS Online, selanjutnya kita akan membahas Bagaimana Cara Menggunakan Dapodik Online

Pada kali ini admin membahas Cara Menggunakan Dapodik PAUD Online, dikarenakan admin mengelola Dapodik PAUD. 

Ingat : Disini admin hanya sanggup sebatas read-only tidak sanggup melaksanakan penambahan, pengubahan atau pembatalan data. Serta admin dapat melaksanakan pengecekan pengisian Dapodik Offline apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum.
Berikut ini langkah-langkah nya: 

1. Silahkan klik link berikut ini : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online  Panduan Penggunaan Dapodik PAUD dan Dikmas Online 2019




Masuk di halaman login DAPOPAUD DIKMAS, silahkan isikan:
- Username = Username di dapodikpaud offline atau dapodikpaud di semester kemudian (2017/2018)
- Password = Passowrd di dapodikpaud offline dapodikpaud di semester kemudian (2017/2018)

Jika sudah diisi, silahkan klik Log in. 

2. Setelah berhasil login, maka akan masuk di halaman Dapodik PAUD Online. 




Disini admin hanya sanggup read-only, bagi rekan-rekan memakai Dapodik Online atau Metode Sinkronisasi Dapodik Online maka sanggup melakukan penambahan, pengubahan atau pembatalan data serta data secara eksklusif sudah sinkron. 


Demikianlah isu yang sanggup admin bagikan, supaya bermanfaat dan terimakasih... 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...