Panduan Lengkap Pengisian Data Di Sispena Paud Dan Pnf Hingga Tuntas

Panduan pengisian data di SISPENA PAUD dan PNF Panduan Lengkap Pengisian Data di SISPENA PAUD dan PNF Sampai Tuntas


Salam semangat Bunda PAUD dan rekan-rekan operator, hari ini admin akan melaksanakan pengisian data Akreditasi sekolah yang admin kelola di Aplikasi SisPenA PAUD dan PNF. Mungkin sebagian atau bahkan sekolah-sekolah lain sudah Berhasil menuntaskan pengisisan data di aplikasi ini, namun admin ingin membuatkan ilmu juga walaupun yang lain sudah banyak yang tamat setidaknya ini sanggup menjadi panduan buat kita semuanya. 



Update Info  : Alhamdulillah, Pertengahan Agustus 2018 hasil Akreditasi Gelombang Pertama, sekolah yang kami ampuh dalam penyusunan legalisasi kesannya sangat memuaskan,,, Alhamdulillah "A". Semoga buat sekolah yang rekan-rekan ampuh juga kesannya sangat memuaskan atau memuaskan. 

Sebelum kita masuk ke tahap pengisian, alangkah baiknya kita harus tahu apa itu SISPENA PAUD dan PNF?

Apa itu SisPenA PAUD dan PNF?

SisPenA merupakan kependekan dari Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF. Sedangkan SisPena PAUD dan PNF merupakan aplikasi penilaian legalisasi berbasis web, yang mana kita sanggup mengakses aplikasi ini dimana saja dan kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini selain sanggup di kanal dengan Komputer atau laptop juga sanggup di kanal lewat smartphone


Langkah-langkah Pengisian Data Di SisPena PAUD dan PNF 

1.Silahkan klik link berikut

   https://sispena.banpaudpnf.or.id/login , lalu akan muncul halaman login menyerupai dibawah ini. 

Updated Login SisPena PAUD dan PNF 
Updated tanggal 19 Maret 2018: 

Web SisPena PAUD sudah beralih ke alamat : https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login

Gambar. Halaman Login SISPENA PAUD dan PNF


2.Siapkan NPSN masing-masing lembaga, alasannya untuk Username dan Password memakai NPSN, Pilih level "Lembaga", Isikan kode/captcha. Setelah semuanya diisi klik Login. 



3.Apabila berhasil sistem akan menampilkan secara pribadi halaman atau form Edit Identitas

Gambar. Halaman Profile Edit Identitas 

Pada form ini untuk setiap kolom yang berwarna abu-abu data sudah diambil dari dapodik dan tidak sanggup di edit lagi, sedangkan untuk kolom berwarna putih pribadi sanggup di edit. Setelah data di edit jangan lupa klik Submit

Untuk bab kolom Program, pengisian hanya untuk satuan PKBM dan LKP sedangkan untuk PAUD dan sejenisnya kegiatan sudah menempel pada NPSN masing-masing. Untuk kegiatan satuan PKBM dan LKP sanggup mendaftar atau mengisi sebanyak 2 program. 


4.Selanjutnya pilih Menu Pendaftaran, jika pada list kegiatan tidak terdapat data menyerupai gambar dibawah ini.



Kembali lagi ke hidangan profile / form edit identitas dan edit lah salah satu kolom yang sanggup di edit, misalnya Fhoto untuk upload fhoto forum sehabis itu klik submit, dan kembali buka hidangan registrasi dan data pada list kegiatan akan muncul menyerupai gambar diatas. 

5. Seperti pada gambar 4 kita sanggup melihat terdapat beberapa button  menu diantaranya Surat Permohonan, Legalitas Lembaga, Dokumen Lampiran, Foto Pendukung dan Input Evaluasi Diri. 

Pada hidangan button terdapat dua warna dimana untuk warna biru berarti dalam belum diisi sedangkan untuk warna hijau data sudah tuntas diisi. 

Silahkan diikuti langkah berikut ini, untuk pengisian Pendaftaran

6.Langkah pertama Pendaftaran, pilih hidangan Surat Permohonan untuk input surat permohonan, kemudian akan muncul halaman menyerupai dibawah ini. Apabila ingin melihat teladan formatnya klik pada Download Format.  

Klik pada Download Format

Gambar. Surat Format Permohonan Akreditasi 

Contoh Pengisian Format Surat Permohonan

Setelah format diatas di print kemudian ditandatangani kepala sekolah, kemudian di scane dalam format PDF untuk selanjutnya di upload kedalam aplikasi SISPENA PAUD dan PNF dengan mengklik tombol  Choose File lalu klik tombol Simpan. Apabila sudah terkirim maka tombol surat permohonan yang semulanya berwarna biru akan bermetamorfosis warna hijau. 

Apabila Bunda PAUD ingin melaksanakan edit data kembali klik Browse pada pilihannya.  


Langkah Kedua Pendaftaran, Klik tombol Menu Legalitas Lembaga. Untuk melihat legalitas forum apakah sudah ada atau belum alasannya data ini diambil dari dapodik. Sehingga untuk merubahnya harus melalui update data didapodik.


Langkah Ketiga Pendaftaran, Klik pada tombol Menu SPTJM. Apabila ingin melihat teladan formatnya klik pada Download Format. 

Klik Downlaod Format

P    
Gambar. Format SPTJM

Gambar. Pengisian Format SPTJM

Langkah Keempat Pendaftaran,Klik pada Menu button Dokumen Lampiran. Akan muncul 8 Form isian Dokumen Lampiran menyerupai gambar dibawah ini. Setiap fom pengisian data diisi dengan dokumen berformat PDF atau DOC dengan cara menekan tombol Choose File, kemudian pilih dokumen anda untuk selanjutnya menentukan tombol simpan. Apabila dokumen berhasil terupload maka akan muncul goresan pena "Sudah Terunggah" dan itu merupakan link untuk melihat dokumen yang telah kita upload

Gambar. Halaman Form Upload Dokumen Lampiran


Langkah Kelima Pendaftaran, Klik pada menu button Foto Pendukung, maka akan masuk ke halaman menyerupai dibawah ini kemudian pilih "Unggah Foto". Sistem menyediakan form untuk memasukkan 5 buah foto pendukung. Dengan cara mengklik pada setiap kolom "Choose File", kemudian pilih foto yang mau di upload, foto yang diterima yaitu dalam format JPG, PNG, dan GIF dengan max ukuran 250 kb. 


Gambar. Halaman Upload Foto Pendukung


Hasilnya menyerupai gambar dibawah ini. Apabila kembali ingin mengedit foto, klik lagi pada "Unggah Foto" dan pilih lah foto yang mana mau di edit dan klik Choose File

Gambar. Hasil Upload Foto Pendukung


Selanjutnya dan bab pentingnya yaitu melakukan penilaian diri dengan cara mengklik button Menu Input Evaluasi Diri. Maka akan muncul halaman penilaian legalisasi forum menurut instrument. 

Setiap isyarat instrumen dibedakan dengan warna.
Warna Merah untuk Major
Warna Kuning untuk Minor
Warna Hijau untuk Observed

Untuk pengisian instrumen sanggup dilakukan secara pribadi pada butir-butir instrumen. 

Gambar. Pengisian Butir-butir Instrumen


Setelah semua butir terisi, untuk melihat hasil perhitungan klik pada "Lihat Hasil Hitungan" yang berada pada button berwarna biru. Maka perhitungan dan bobot skor secara otomatis akan muncul. Hasilnya menyerupai gambar diatas. 

Selanjutnya untuk melihat semua rekap isian instrumen klik pada "Review Jawaban", sehabis itu akan muncul tabel rekap menyerupai dibawah ini. 

Gambar. Halaman Review Jawaban


Setelah anda yakin dengan pengisian instrumen ini kliklah tombol "Selesai" dan akan muncul rekap nilai setiap nilai standar Maksimum dan Capaian, Lalu klik pada "Saya Yakin dan Setuju" dan klik "Selesai dan Kirim". 


Menu input penilaian akan bermetamorfosis Lihat Hasil Penilaian, yaitu hasil penilaian yang telah di input oleh lembaga. 

Penilaian EDS sanggup di edit kembali selama belum di approved oleh BAP untuk masuk ke tahap Desk Assement


updated: 14 Juli 2018

Bagi bunda-bunda PAUD sekalian, jangan lupa untuk terus menyidik perkembangan Penilaian EDS. Pastikan setiap EDS yang telah diisi sudah ceklist warna hijau. Jika belum, silahkan bunda-bunda sekalian untuk menuntaskan pengisian EDS. 

Menyambung pengisian Data SISPENA PAUD dan PNF, berikut ini admin akan membagikan perkembangan dari SISPENA PAUD dan PNF yang admin kelola. 


Gambar. Halaman Penilaian EDS di Menu Dashboard 


Pada halaman ini kita sanggup melihat, Penilaian EDS sekolah kami sudah hingga pada tahap PKPA (Pemeriksaan Kelayakan Permohonan Akreditas) yang selanjutnya akan masuk ke tahap "Penilaian Visitasi" yang artinya sekolah kami akan segera dilakukan visitasi oleh asessor. In sya Allah, pertengahan Juli ini sekolah kami akan divisitasi oleh assessor. Semoga kesannya sesuai dengan yang diharapkan. 


Demikianlah isu mengenai cara pengisian Data di SisPenA PAUD dan PNF hingga Tuntas, agar sanggup membantu bunda-bunda serta rekan-rekan operator sekalian. 

Semoga Bermanfaat... dan Terimakasih... 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...