Release Installer Dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018B Patch 2.0

Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Di simpulan bulan Februari  kemarin tepatnya tanggal 28 Februari 2018, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI kembali berinovasi dengan merelease aplikasi dapodik versi terbaru sebagai pengganti aplikasi dapodik versi lawas. Ini merupakan release yang ketiga kalinya sebagai penyempurnaan aplikasi dapodik versi 2018b yang dipakai untuk pengelolaan data pokok pendidikan di semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ini.

Aplikasi dapodik yang terbaru ini dikeluarkan sebagai balasan tim pengembang aplikasi atas banyaknya laporan-laporan dari para penggguna aplikasi dapadik yaitu keluhan adanya bugs pada aplikasi dapodik versi 2018b. Meskipun Tim Pengembang Aplikasi Dapodik Ditjen Dikdasmen telah merelase patch 1.0 untuk aplikasi dapodik versi 2018b namun tetap saja masih banyak laporan adanya bugs pada aplikasi dapodik versi 2018b patch 1.0 tersebut.
Baca  Juga : Daftar Pembaharuan dan Perbaikan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Para pengguna aplikasi dapodik khawatir dengan adanya bugs tersebut akan berdampak pada pemanfaatan data pokok pendidikan terhadap banyak sekali kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI. Bugs yang masih ada pada aplikasi dapodik versi 2018b patch 1.0 tersebut juga dikhawatirkan akan mengganggu jalannya pemutakhiran data pokok pendidikan semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 terutama terhadap penyaluran sumbangan profesi guru.

Atas dasar itulah kemudian, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI melalui Tim Pengembang Aplikasi Dapodik setuju mengeluarkan pembaharuan aplikasi dapodik versi 2018b. Dalam informasi yang direlease di halaman resmi data pokok pendidikan dasar dan menengah disebutkan bahwa pembaharuan aplikasi yang disediakan yaitu dalam bentuk installer dan updater atau patch yaitu Installer Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 dan Updater (Patch 2.0).
Baca Juga : Download Installer dan Updater (Patch) Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Jika memakai installer, maka aplikasi usang yang sudah terinstal di laptop harus diuninstal terlebih dahulu gres kemudian dipasang installer aplikasi dapodik versi terbaru. Installer aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 yang disediakan berukuran 62,2 MB namun ketika diunduh akan mempunyai ukuran 63,7 MB. Jika ketika mengunduh ternyata ukuran file installer dibawah ukuran tersebut, operator dapodik perlu curiga dan mencoba mendonwload ulang.
Baca Juga : Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Jika memakai updater atau pacth, rekan-rekan operator tidak perlu melaksanakan pencopotan (uninstall) aplikasi dapodik yang lama. Updater atau patch 2.0 untuk aplikasi dapodik versi 2018b dapat eksklusif diinstal. Updater atau patch 2.0 yang disediakan mempunyai ukuran 5,98MB. Namun ketika didownload filesize akan bermetamorfosis 6,127 MB.

Karena disediakan dalam bentuk 2 file installer dan updater, maka operator dapodik di sekolah selaku pengguna harus pandai-pandai dalam melaksanakan pembaharuan aplikasi dapodik pada komputer atau laptopnya. Dengan dikeluarkannya aplikasi dapodik versi terbaru ini, dibutuhkan pihak sekolah segera mengupgrade dan mengupdate aplikasi dapodik yang sudah terinstal di laptop atau Personal Computer Desktop. Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan dibutuhkan menjalankan supervisi managerial dalam pengerjaan dan pengelolaan dapodik dan bertanggung jawab penuh atas validitas data dapodik yang dikirimkan ke sentra melalui prosedur sinkronisasi dapodik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...