Inillah Daftar Perbaikan Dan Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018B Patch 2.0. Yang Nomor Terakhir Bikin Ceria

Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sempurna tanggal 28 Februari 2018 kemarin, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI telah resmi merelease Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0. Aplikasi dapodik yang direlease merupakan pengganti aplikasi dapodik versi 2018b patch 1.0.  Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI menyediakan dua pilihan untuk pembaharuan aplikasi Dapodik yang sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan sekolah, yaitu berupa Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 dan berupa Updater (Patch) 2.0.

Tujuan dikeluarkannya aplikasi dapodik versi 2018b ini merupakan tanggapan atas banyaknya keluhan yang muncur dari para operator dapodik di sekolah selaku pengguna aplikasi dapodik. Banyak operator dapodik yang mengeluhkan adanya bugs yang sedikit banyak cukup mengganggu jalannya pendataan di semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ini. Adanya bugs tersebut juga dikhawatirkan akan mengganggu pemanfaatan data pokok pendidikan terhadap kebijakan-kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI terutama kebijakan-kebijakan yang terkait dengan penerbitan SKTP, Ujian Nasional, Bantuan Operasional Sekolah dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Ditjen Dikdasmen kembali mengeluarkan pembaharuan aplikasi Dapodik dalam bentuk installer aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 guna mengakomodir dan merespon aneka macam keluhan operator dapodik. Beberapa perbaikan dan pembaharuan yang disertakan dalam aplikasi dapodik versi terbaru ini antara lain

  1. Perbaikan pada dikala perubahan data Unit Usaha Kerjasama pada MoU Kerjasama
  2. Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur sanggup diubah manual pada Peserta Didik
  3. Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur sanggup diubah manual pada GTK
  4. Perbaikan bugs pada dikala penambahan program/komptensi dilayani untuk SMA/SMK
  5. Perbaikan bugs pada dikala perubahan data rombongan belajar
  6. Perbaikan bugs pada dikala perubahan prasarana
  7. Perbaikan pada security aplikasi

Dengan adanya aneka macam perbaikan tersebut dibutuhkan sanggup mengurangi aneka macam keluhan operator dapodik di sekolah.  Selain perbaikan tersebut juga ada pembaharuan beberapa tampilan antar muka dan pembaharuan database aplikasi dapodik.  Yang perlu menjadi perhatian yaitu ketika sudah melaksanakan pembaharuan aplikasi yaitu data isu di beranda aplikasi dapodik yaitu

  1. Versi Aplikasi : v.2018.b
  2. Versi patch 2.0 (Rilis tgl 28 Februari 2018)
  3. Versi Database : 2.70

Informasi Database dan Aplikasi yang Digunakan
Dengan demikian operator dapodik harus memastikan bahwa versi aplikasi dapodik versi 2018b dan patch yang dipakai yaitu versi patch 2.0. Disamping itu pada dikala pendaftaran offline pada Aplikasi Dapodikdasmen operator dapodik Dillarang memakai prefill lama. Operator dapodik diwajibkan memakai prefill gres yang sanggup diunduh di halaman dapo.dikdasmen.kemendikbud. Penggunaan prefill usang sanggup mengakibatkan data-data menjadi berganda.

Subscribe to receive free email updates:

loading...