Inilah Cara Ampuh Install Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (Versi 2018B)

Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Aplikasi Dapodik versi terbaru telah diluncurkan secara resmi oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diluncurkan yaitu hanya berupa installer. Aplikasi dapodik versi yang terbaru ialah aplikasi dapodik versi 2018b sebagai pengganti aplikasi dapodik versi 2018a. Aplikasi dapodik versi 2018b ini diluncurkan tanggal 30 Januari 2018 sesuai kesepakatan seminggu sebelumnya.

Aplikasi Dapodik versi terbaru ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memperbaiki dan memperbaharui beberapa fitur yang ada pada aplikasi Dapodik sehingga lebih nyaman dipakai oleh para pengguna aplikasi dapodik. Hal ini didadasari pada beberapa laporan terkait adanya bugs pada aplikasi dapodik versi usang (versi 2018a). Oleh alasannya ialah itu dikembangkan lagi ke versi terbaru untuk menanggulangi beberapa permasalahan yang timbul pada aplikasi dapodik versi lawas tersebut. Di samping itu juga untuk kepentingan update data pokok pendidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Karena hanya ada satu jenis aplikasi dapodik versi 2018b (installer saja bukan updater) maka pengguna dapodik harus bijak dalam melaksanakan install aplikasi dapodik versi terbaru tersebut. Karena hanya memakai installer, maka aplikasi usang yang terinstal pada komputer atau laptop harus dicopot atau diunistall terlebih dahulu alasannya ialah tidak sanggup eksklusif ditindih. File installer aplikasi dapodik 2018b sanggup didapatkan di halaman resmi Dapodikdasmen atau sanggup di download disini.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran file (File Size) dari installer aplikasi dapodik versi 2018b cukup besar bila dibandingkan aplikasi dapodik versi sebelumnya, yaitu  sebesar 63.746 kb atau 63,7 MB. Untuk itu, pastikan file installer yang terunduh mempunyai file size tersebut jangan hingga kurang alasannya ialah sanggup menyebabkan proses instalasi aplikasi dapodik gagal.

Bagi rekan-rekan operator yang mengalami kesulitan dalam menginstal aplikasi dapodik versi 2018b terutama rekan-rekan operator dapodik baru, sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh installer aplikasi dapodik versi 2018b
  2. Pastikan sudah pernah melaksanakan pengiriman data/sinkronisasi dapodik memakai aplikasi dapodik versi sebelumnya (2018a)  
  3. Bersihkan cache dan history pada komputer atau laptop.
  4. Buka folder penyimpanan file installer aplikasi Dapodik versi 2018b hasil unduhan tadi.
  5. Klik kanan file kemudian pilih dan klik Run as Administrator
  6. Ikuti setiap langkah instalasi Dapodik yang sudah disediakan dengang mengklik saya setuju, ok atau lanjut.
  7. Tunggu hingga ada notifikasi instalasi berhasil kemudian klik OK
  8. Restart laptop atau komputer 
  9. Buka aplikasi Dapodik versi 2018b
  10. Tekan Ctrl+F5 pada keyboard semoga tampilan di beranda mengatakan versi 2018b
  11. Aplikasi dapodik versi 2018b sudah siap di pendaftaran dan digunakan.

Sekedar tips bagi pengguna yang menginstall aplikasi dapodik sebaiknya lakukan clear browsing history dan cache pada laptop atau komputer yang akan dipasang aplikasi dapodik. Begitu juga menonaktidkan antivirus yang terpasang di laptop atau komputer. Hal ini dimaksdukan untuk memperlancar proses instalasi semoga tidak gagal di tengah jalan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...