Download Installer Dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018B Patch 2.0.

Respon cepat ditunjukkan oleh Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI terkait dengan keluhan banyaknya bugs pada aplikasi Dapodik Versi 2018b dan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 1.0 sehingga menganggu kenyamanan operator dapodik dalam melaksanakan pemutakhiran data semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Tak ingin menunggu waktu lama, sempurna tanggal 28 Februari 2018 kemarin alhasil direlease aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 sebagai pengganti aplikasi 2018b patch 1.0.

Dengan adanya pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 ini maka sekolah diharapkan segera melaksanakan pembaharuan aplikasi dapodiknya. Peran kepala sekolah dalam hal ini dibutuhkan sebagai pimpinan dan manajer di sekolah biar mengontrol dan memantau dalam pengelolaan data pokok pendidikan ini. Kepala sekolah perlu memantau apakah operator dapodik sudah melaksanakan pembaharuan dapodik atau belum.

Ada dua jenis file pembaharuan yang sanggup digunakan oleh operator dalam mengupdate aplikasi dapodik yang digunakan sebab Ditjen Dikdasmen menyediakan installer dan updater (patch).  Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 berukuran 62,2 MB, namun ketika diunduh ukuran file akan bermetamorfosis 63,7 MB. Sedangkan updater (Patch) 2.0 yang disediakan berukuran 5,98 MB atau 6,127 MB ketika diunduh. Ditjen Dikdasmen menyediakan lebih dari 25 link unduhan installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018b Patch 2.0. Baik installer dan updater aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 sanggup didownload pada link berikut ini.


Jika memakai installer aplikasi dapodik versi 2018b maka aplikasi dapodik yang sudah terpasang di laptop harus di copot atau diuninstall terlebih dahulu. Setelah itu gres dipasang atau diinstal aplikasi dapodik yang baru. Karena memakai installer maka operator juga harus  melaksanakan pendaftaran aplikasi dapodik lagi baik secara online maupun offline. Jika melaksanakan pendaftaran secara offline maka operator harus mengunduh prefill terlebih dahulu, jangan memakai prefill dapodik yang usang sebab akan merusak database aplikasi dapodik. Namun jikalau melaksanakan pendaftaran online maka tidak perlu memakai prefill dapodik.

Jika operator memakai updater (patch) untuk memperbaharui aplikasi dapodik, maka aplikasi yang usang yang terpasang di laptop tidak perlu diuninstall, cukup ditindih saja. Proses instalasi aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 yang memakai updater tidak memerlukan pendaftaran lagi. Begitu selesai instalasi, operator eksklusif sanggup login ke dalam aplikasi memakai username dan password masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

loading...