Download Aplikasi Dapodik Versi 2018B

Di penghujung bulan Januri 2018, Dirjen Dikdasmen secara resmi telah me-release aplikasi dapodik yang terbaru, yaitu aplikasi dapodik versi 2018b. Tepat tanggal 30 Januari 2018 kemarin, aplikasi dapodik versi 2018b dikeluarkan sebagai pengganti aplikasi dapodik versi sebelumnya (aplikasi dapodik versi 2018a).

Aplikasi dapodik versi 2018b ini dipakai untuk pembaharuan data pokok pendidikan baik data sekolah, akseptor didik, guru dan tenaga kependidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang nantinya akan dimanfaatkan oleh stakeholder pendidikan yang terkait dalam penentuan banyak sekali kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI.

Aplikasi Dapodik versi 2018b yang dikeluarkan hanya dalam bentuk installer dan tidak disediakan file updaternya. Kaprikornus pemasangan aplikasi dapodik versi 2018b ini tidak sanggup eksklusif ditindih, tetapi harus melalui prosedur pencopotan (unisntal) aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang pada laptop atau komputer.
Baca Juga : Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Setelah terinstal, menyerupai biasa proses registrasinya sanggup dilakukan secara online maupun offline. Registrasi aplikasi dapodik online dan offline sama-sama memerlukan Kode Registrasi Dapodik. Yang membedakan keduanya yaitu jikalau pendaftaran secara online tidak memerlukan prefill dapodik. Sedangkan pendaftaran offline memerlukan prefill dapodik.
Baca Juga : Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2018b Anti Gagal!
Aplikasi dapodik versi 2018b ini memliki ukuran sebesar 63.746 kb atau 63,7 MB. Sebuah ukuran file yang tidak terlalu besar bagi aplikasi pendataan yang menampung banyak sekali data pokok pendidikan. File size tersebut sebaiknya dijadikan pedoman ketika mendownload aplikasi dapodik versi 2018b.

Jika ternyata hasil unduhan aplikasi dapodik tidak berukuran sebagaimana dimaksud, kemungkinan file tersebut corrupt dan akan mengakibatkan aplikasi dapodik tidak sanggup diinstal. Untuk mendownload aplikasi dapodik versi 2018b sanggup mengikuti link di bawah ini.



Ada beberapa perubahan yang cukup fundamental pada aplikasi dapodik versi 2018b ini, diantaranya yaitu perubahan database database baru,  pembaharuan beberapa fitur yang sudah ada sebelumnya, dan juga penambahan fitur baru, validasi data dan perbaikan beberapa bugs pada aplikasi dapodik versi sebelumnya. Dengan adanya pembaharuan versi dapodik ini sepertinya aplikasi dapodik semakin cantik dan “keren”.  Dan yang paling penting yaitu aplikasi dapodik versi 2018b ini sangat friendly user.

Subscribe to receive free email updates:

loading...