Cara Upload Kop Sekolah Di Aplikasi Dapodik Versi 2018B

Ditjen GTK Kemendikbud RI senantiasa berinovasi dengan aplikasi Dapodik. Dalam setiap release update dan pembaharuan aplikasi Dapodik, tim pengembang aplikasi Dapodik selalu menawarkan kejutan-kejutan fitur dan layanan yang ada pada aplikasi Dapodik.

Memang selain bertujuan untuk mengatasi bug-bugs yang selalu mengganggu operator dapodik dalam pengerjaan dapodik, release aplikasi dapodik juga bertujuan untuk melengkapi fitur-fitur gres yang mempunyai kegunaan untuk menambah kualitas data pokok pendidikan. Seperti kita ketahui bersama bahwa kualitas data pokok pendidikan akan sangat bermanfaat sekali terhadap penentuan kebijakan-kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI.

Yang terbaru ialah fitur yang ada pada aplikasi Dapodik versi 2018b yang gres saja direlease tanggal 30 Januari 2018 yang lalu. Aplikasi Dapodik versi 2018b tersebut ditujukan untuk pendataan data pokok pendidikan semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 baik pada jenjang TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK. Aplikasi yang berukuran 63.746 kb atau 63,7 MB ini merupakan pengganti aplikasi Dapodik versi 2018a pada semester satu kemarin.

Salah satu fitur gres yang ada dalam aplikasi Dapodik versi 2018b ialah adanya fitur cetak dokumen surat mutasi penerima didik dan guru serta profil guru dan tenaga kependidikan yang tidak kita temui di aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Namun untuk mencetak dokumen-dokumen tersebut diharapkan kop sekolah yang nantiny akan dijadikan kop surat pada dokumen-dokumen  yang akan dicetak melalui aplikasi Dapodik versi 2018b. Kop sekolah tersebut harus diupload terlebih dahulu ke aplikasi Dapodik sebelum tersemat secara otomatis pada dokumen-dokumen resmi yang tercetak melalui aplikasi Dapodik versi 2018b.

Untuk mengupload kop sekolah di aplikasi Dapodik versi 2018b, operator sekolah selaku pengguna harus menyiapkan gambar kop sekolah tidak lebih dari 2MB dan berukuran 700 x 300 pixels. Gambar kop sekolah pada aplikasi dapodik yang sanggup diupload harus berekstensi jpg, jpeg dan png baik berwarna atau hitam putih. Cara mengupload kop sekolah pada aplikasi dapodik versi 2018b sebagai berikut.

1. Login ke aplikasi dapodik versi 2018b
2. Klik hidangan Pengaturan pada sidebar Dapodik. Selanjutnya klik “Ubah Kop Sekolah”


3. Pilih gambar kop sekolah yang akan diupload kemudian klik simpan


4. Kop sekolah sudah tersimpan di aplikasi dapodik dan siap digunakan.
5. Berikut ini ialah tampilan kop sekolah dikala cetak dokumen profil guru.


Bagaimana, cukup gampang kan cara mengupload kop sekolah di aplikasi dapodik versi 2018b? Operator Dapodik sanggup mengubah kop sekolah sewaktu-sewaktu menyesuaikan data sekolah yang terbaru. Silahkan mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

loading...