Cara Mengisi Data Letak Lintang Dan Bujur Peta Koordinat Penerima Asuh Pada Aplikasi Dapodik

Ada yang berbeda pada Aplikasi Dapodik Versi 2018b kalau dibandingkan aplikasi dapodik versi sebelumnya, yaitu penambahan isian peta koordinat berupa letak lintang dan letak bujur pada data penerima asuh di aplikasi dapodik. Letak lintang didasarkan pada garis lintang utara dan selatan. Sedangkan letak bujur ialah letak yang didasarkan pada garis bujur barat dan selatan.

Penambahan isian letak lintang dan letak bujur ini dimaksudkan untuk memetakan koordinat lokasi kawasan tinggal penerima asuh guna kepentingan PPDB Sekolah Dasar. Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada penerima asuh bertujuan untuk mengukur jarak tempuh kawasan tinggal penerima asuh dengan sekolah.

Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada penerima asuh juga bertujuan untuk mengakomodir kebijakan zonasi pada hukum PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 17 Tahun 2017 wacana PPDB.

Untuk pengisian letak lintang dan letak bujur ini untuk sementara mendahulukan penerima asuh tingkat selesai yang nantinya akan lulus dan mengikuti PPDB ke sekolah lanjutan. Namun bukan berarti untuk data penerima asuh lainnya tidak perlu diisi, hanya saja pengisiannya mendahulukan penerima didik.

Adapun untuk mekanisme dan tata cara mengisi data letak lintang dan bujur peta koordinat penerima asuh pada Aplikasi Dapodik sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan laptop/komputer terkoneksi dengan internet
2. Login Aplikasi Dapodik
3. Pilih dan Klik sajian Peserta Didik, kemudian Pilih Peserta Didik
4. Selanjutnya Pilih dan Klik Nama Peserta Didik yang akan diisi peta koordinatnya
5. Kemudian klik Ubah sehingga muncul Jendela Edit Peserta Didik
6. Lalu klik tombol Buka Peta Koordinat untuk melihat titik kawasan tinggal penerima didik


7. Untuk memudahkan pencarian titik koordinat, isi kolom Cari Lokasi kemudian tekan Enter.
8. Selanjutnya Pilih titik koordinat yang diinginkan
9. Kemudian klik Pilih Koordinat dan klik Simpan dan Tutup jendela


10. Terakhir Klik Simpan


Bagaimana, cukup gampang bukan cara mengisi peta koordinat penerima asuh di dapodik. Harapannya semua penerima asuh yang terdaftar di dapodik harus terisi data letak lintang dan letak bujur kawasan tinggalnya sehingga memudahkan dinas pendidikan untuk memilih zonasi pada acara PPDB yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

loading...