5 Fakta Wacana Kisi-Kisi Usbn Tahun Pelajaran 2017/2018 Ini Wajib Diketahui Oleh Kepala Sekolah Dan Guru!

Kisi-Kisi USBN Tahun Pelajaran 2017/2018
Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018 sudah akan digelar dalam beberapa ahad mendatang. Pemerintah berharap sebelum bulan Ramadhan, USBN mulai dari jenjang SD/MI hingga dengan SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan sudah jawaban di selerenggarakan sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Ramadhan penerima didik.

Semakin dekatnya waktu pelaksanaan USBN, masing-masing sekolah sibuk mempersiapkan para penerima didiknya dalam menghadapi USBN nantinya. Beragam teknik dan seni administrasi digunakan biar penerima didiknya lulus dalam USBN dan memperoleh hasil maksimal. Para guru pun sibuk menawarkan les atau jam embel-embel pelajaran kepada para siswanya. Latihan dan drill dipercaya menjadi seni administrasi ampuh dalam menuntaskan soal-soal ujian. Ada juga sekolah yang melaksanakan karantina kepada para siswanya hanya dengan menawarkan dril soal 3 mata pelajaran utama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Tugas guru dikala ini tergolong cukup berat dengan perubahan format USBN tahun pelajaran 2017/2018 ini. Betapa tidak, USBN tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya bentuk soal hanya pilihan ganda, namun USBN tahun ini adapenambahan soal uraian yang harus dikerjakan oleh penerima didik selain soal pilihan ganda yang relatif lebih gampang diselesaikan. Tentu saja kehadiran soal urain menjadi beban tersendiri bagi penerima didik bahkan guru yang mengampu pelajaran tersebut.

Meskipun begitu, BSNP selaku penyelenggaran USBN menawarkan kisi-kisi USBN dengan keinginan pihak sekolah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan materi sesuai kisi-kisi. Terlebih USBN tahun ini dalam penyusunan soalnya juga melibatkan guru-guru yang tergabung dalam KKG atau MGMP. Dengan demikian keberadaan kisi-kisi ujian sangat diharapkan untuk memetakan materi ujian yang harus dikuasi oleh penerima didik.

Kisi-kisi soal diartikan sebagai suatu matriks yang berisi informasi sebagai pedoman dalam penyusunan soal. Kisi-kisi soal akan mengahsilkan soal yang berkualitas alasannya ialah soal-soal tersebut dirancang dengan sungguh sesuai pedoman yang sudah dibuat. Berikut ini ialah 5 fakta perihal Kisi-Kisi USBN tahun pelajaran 2017/2018 yang wajib diketahui oleh guru dan kepala sekolah.

Kisi-kisi USBN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Sebagaimana disebutkan dalam POS Penyelenggaraan USBN, kisi-kisi USBN ditetapkan oleh BSNP bukan Dinas Pendidikan Propinsi. Penetapan kisi-kisi oleh BSNP dilakukan melalui proses validasi yang ketat sehingga dihasilan kisi-kisi USBN yang sempurna dan terarah serta sesuai dengan soal yang dicetak ketika ujian berlangsung

Penyusunan kisi-kisi USBN menurut kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
Dalam penyusunan kisi-kisi USBN terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan yaitu kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan lingkup materi pada kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Harus dilihat dengan betul cakupan materinya biar tidak salah sasaran.

Kisi-kisi USBN memuat level kognitif dan lingkup materi.
Kisi-kisi USBN yang dibentuk memuat level soal kognitif dan lingkup materi. Level kognitif berarti soal-soal tersebut meruprakan representasi dari pengetahuan hafalan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), Sintesis (Sytensis) dan evaluasi (evaluastion).

Kisi-kisi USBN disusun menurut Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
Kisi-kisi USBN dibentuk sesuai dengan kurikulum sekolah yang digunakan dikala ini. Karena dikala ini kurikulum yang digunakan oleh sekolah ada dua, maka penyusunan  kisi-kisi soal diadaptasi dengan cakupan materi pada standar isi masing-masing kurikulum.

Kisi-kisi USBN disusun oleh Kementerian.
Jika yang berwenang memutuskan kisi-kisi USBN ialah BSNP, maka wewenang penyusunan kisi-kisi ada di tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pembagian job description ini sudah terang tercantum dalam peraturan BSNP. Khusus kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun oleh Kementerian Agama

Itulah beberapa fakta perihal kisi-kisi USBN yang perlu diketahui oleh kepala sekolah dan guru. Bagi yang membutuhkan Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018 sanggup didownload pada link berikut ini.

Download Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018 (pdf)

Subscribe to receive free email updates:

loading...