Release Aplikasi Dapodik Versi 2018B

Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Beberapa hari yang kemudian Dirjen Dikdasmen menyatakan akan mengeluarkan aplikasi dapodik versi terbaru untuk pembaharuan data pokok pendidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Dan sempurna tanggal 30 Januari 2018, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI memenuhi janjinya dengan me-release aplikasi dapodik versi 2018b.

Aplikasi Dapodik versi 2018b dikeluarkan dalam bentuk installer saja dan tidak ada dalam bentuk updater. Dengan demikian operator dapodik di sekolah tidak sanggup pribadi menginstal aplikasi dapodik versi 2018b yang telah diunduh. Operator dapodik di sekolah harus melaksanakan uninstall aplikasi dapodik versi lawas terlebih dahulu sebelum menginstal aplikasi dapodik versi baru.
Baca juga : Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Aplikasi Dapodik versi 2018b dalam bentuk installer ini memiliki ukuran file sebesar 63.746 kb (63,7 MB). Makara pastikan dikala mengunduh aplikasi dapodik versi 2018b memiliki file size sebagaimana dimaksud. Secara teknis, aplikasi dapodik versi 2018b ini memiliki mekanisme instalasi aplikasi yang sama dengan tahun sebelumnya. Termasuk juga mekanisme pendaftaran aplikasinya juga sama, sanggup dilakukan secara online dan offline.
Baca Juga : Cara Sukses Registrasi Aplikasi Dapodik 2018b secara Online dan Offline
Tujuan dikeluarkannya aplikasi Dapodik versi 2018b ini yakni sebagai bentuk perbaikan guna mengakomodir kepentingan pendataan data pokok pendidikan pada semester 2 tahun pelajaran 201/2018. Pada aplikasi Dapodik versi 2018b ini terdapat beberapa perubahan dan perbaikan yang sepertinya cukup signifikan kalau dibandingkan versi sebelumnya.

Beberapa perubahan yang cukup signifikan antara lain penggunaan database baru,  pembaharuan beberapa fitur yang sudah ada dan juga penambahan fitur baru, validasi data dan perbaikan beberapa bugs pada aplikasi dapodik versi sebelumnya.
Baca juga : Inilah Daftar Pembaharuan dan Perbaikan Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Dengan adanya aplikasi Dapodik versi terbaru ini diperlukan kualitas data dapodik sanggup terus meningkat dan menyesuaikan regulasi serta kebijakan yang berlaku di lingkungan Kemendikbud RI terutama regulasi sekolah, akseptor didik, guru dan tenaga kependidikan. Keluarnya aplikasi dapodik versi 2018b ini juga akan menyelaraskan mekanisme dan mekanisme pemanfaatan data pokok pendidikan untuk banyak sekali kepentingan stakeholder pendidikan yang terkait.

Oleh sebab itu diperlukan sekolah segera mengunduh aplikasi dapodik versi 2018b dan menginstalnya sebagai pengganti aplikasi dapodik yang lama. Dengan demikian operator dapodik di sekolah sanggup segera melaksanakan update data pokok pendidikan memakai aplikasi yang terbaru. Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI juga telah menyediakan buku panduan aplikasi dapodik versi 2018b yang sanggup dijadikan pedoman dalam mengerjakan aplikasi dapodik versi terbaru tersebut.
Baca Juga : Download Panduan Mudah Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Dengana dikeluarkannya aplikasi dapodik versi 2018 ini hendaknya segera disikapi dengan bijak. Kepala sekolah selaku pimpinan di sekolah bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan aplikasi dapodik yang sudah ditugaskan kepada operator dapodik di sekolah. Kepala sekolah mengontrol terhadap progress update data pokok pendidikan di semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ini biar ke depan tidak ada hambatan dikala penerbitan SKTP maupun data akseptor didik untuk calon akseptor ujian nasional.

Subscribe to receive free email updates:

loading...