Rasio Guru Paud Dengan Anak Didik

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 perihal Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah mengatur beberapa hal penting, antara lain standar pengelolaan PAUD. Permendikbud yang disahkan selesai tahun 2014 tersebut mencantumkan rasio ideal antara jumlah guru dan anak didik.

Untuk forum PAUD dengan anak didik berusia sampai 2 tahun, yakni Taman Penitipan Anak (TPA), rasio guru dan anak yang harus dipenuhi yaitu 1: 4. Artinya satu orang guru melayani maksimal empat orang anak didik. Sedangkan untuk PAUD dengan anak didik usia 2-4 tahun maka rasio guru dan anak maksimal 1: 8.

Sementara untuk PAUD dengan anak didik berusia 4-6 Tahun, yakni untuk jenjang Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), maka rasio guru dan anak maksimal 1:15. Artinya, satu orang guru KB ataupun Taman Kanak-kanak sebaiknya tidak melayani lebih dari 15 orang anak didik.  “Praturan perihal Standar PAUD ini disusun untuk menjamin kualitas dan mutu PAUD,” ucap Direktur Pembinaan PAUD Erman Syamsuddin baru-baru ini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  Rasio Guru PAUD dengan Anak Didik
Sedangkan untuk standar waktu acara atau pembelajaran di forum PAUD harus diubahsuaikan dengan usia dan frekuensi pertemuan. Untuk PAUD dengan anak didik berusia sampai 2 tahun, maka satu kali pertemuan minimal 120 menit. Pertemuan tersebut harus melibatkan orang tua, dan frekuensi pertemuan minimal satu kali per minggu

Sedangkan PAUD dengan anak didik berusia 2-4 tahun, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal dua kali per minggu. Sementara bagi PAUD dengan anak didik berusia 4-6 tahun, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal lima kali per minggu.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  Rasio Guru PAUD dengan Anak Didik
Permendikbud nomor 137 tahun 2014 juga menegaskan bahwa pelaksanaan jadwal PAUD harus terintegrasi, mulai dari layanan pendidikan, pengasuhan, perlindungan, sampai kesehatan dan gizi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...