Inilah Klarifikasi Menu-Menu Pada Administrasi Pdun

Beranda Manajemen PDUN
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa registrasi calon penerima ujian nasional (CPUN) tahun 2018 dilaksanakan melalui Manajemen PDUN di halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id menyerupai pada tahun-tahun sebelumnya. Data yang dihasilkan melalaui halaman Manajemen PDUN tersebut nantinya yang akan dipush ke server Biosystem Online.

Untuk sanggup login ke halaman Manajemen PDUN admin atau operator memerlukan username dan password yang sama dengan username dan password dapodik. Alternatif lainnya untuk login ke halaman Manajemen PDUN yaitu memakai Kode Registrasi aplikasi dapodik masing-masing sekolah.

Tampilan halaman Manajemen PDUN pada ketika sudah berhasil login cukup sederhana dengan tiga buah sajian utama pada sidebar yaitu sajian Beranda, Calon Peserta UN dan sajian Logout.

Menu Beranda berisi perihal informasi pengguna Manajemen PDUN berbasis dapodik yang dalam hal ini yaitu admin UN tingkat sekolah atau operator sekolah. Menu beranda ini sanggup diedit sesuai perubahan data yang ada di lapangan. Informasi pengguna dalam tab sajian Beranda berisi data sebagai beirkut.
  • Peran 
  • Sekolah 
  • Nama
  • NIP/NIM
  • Jabatan
  • YM
  • Skype
  • Alamat
  • Wilayah
  • No Telepon
  • No Handphone
Tab sajian selanjutnya yaitu sajian Calon Peserta UN yang menawarkan data calon penerima Ujian Nasional yang diambil dari aplikasi dapodik. Jika ada data yang memerlukan perbaikan akan tampil berwarna merah. Tab sajian ini berisi sub sajian sebagai berikut.

1. Pengaturan No Kursi
Menu Pengaturan No Kursi berfungsi untuk mengatur atau setting urutan rombel biar sanggup dipakai untuk urutan ruangan ujian dan dingklik siswa.
Baca : Cara Pengaturan No Kursi di Manajemen PDUN
2. Unduh File Calon Peserta UN
Menu unduh file calon penerima UN berfungsi untuk mengunduh file calon penerima ujian nasional yang berekstensi dz. File DZ merupakan suatu file yang dipeorleh dari hasil proses kompresi Dzip sehingga menghasilkan file kompresi yang ukurannya lebih kecil. File DZ tidak untuk dibuka akan tetapi untuk dikirm dan diintegrasikan dengan aplikasi data tertentu, salah satunya yaitu apliaksi Biosystem Online.

3, Unduh CPUN ke Excel
Menu unduh file calon penerima UN Excel berfungsi untuk mengunduh data calon penerima ujian nasional yang ditampilkan dalam bentuk ekstensi file Excel. Agar sanggup mengunduh file CPUN dalam bentuk excel ini maka user atau pengguna harus melaksanakan pengaturan no kursi terlebih dahulu. Jika tidak melaksanakan pengaturan no kursi terlebih dahulu maka file yang terunduh tidak akan terbuka.

4. Unduh Berita Acara
Menu Unduh Berita Acara mempunyai fungsi untuk mengunduh file Berita Acara Calon Peseta Ujian Nasional dalam bentuk PDF. Berita Acara yang diunduh biasanya akan dikumpulkan bersamaan dengan file dz yang akan diserahkan kepada admin UN Kabupaten.Berita Acara menawarkan bahwa data calon penerima ujian nasional sudah benar dan valid sehingga sanggup segera diterbitkan DNS (Daftar Nominatif Sementara) Peserta Ujian Nasional yang dihasilkan dari aplikasi Biosystem Online.
Baca : Cara Mencetak BAC CPUN
5. Filter PD menurut NISN
Menu filter PD menurut NISN mempunyai fungsi untuk memudahkan dalam mendeteksi data penerima asuh yang sudah mempunyai NISN dan yang belum mempunyai NISN. Data penerima asuh yang berwarna merah menunjukan bahwa NISN masih kosong atau tidak valid. Sehingga harus dilakukan verifikasi dan validasi di halaman vervalpd.
Baca : Cara Mengecek NISN
Menu terakhir yaitu sajian Logout yang berfungsi untuk keluar dari halaman Manajemen PDUN. Pastikan semua data sudah benar dan valid sebelum mengunduh file dz dan info program biar nantinya tidak ada kesalahan data pada ketika penerbitan DNT Peserta Ujian Nasional.

Subscribe to receive free email updates:

loading...