Inilah Elemen-Elemen Pada Sistem Komputer Yang Perlu Diketahui

Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer hanya sanggup digunakan untuk menginput, mengolah, memproses dan menghasilkan data apabila berupa suatu sistem yang sering dikenal dengan sebutan sistem komputer. Jadi, dengan adanya suatu sistem komputer akan memungkinkan penggunaan komputer secara maksimal . Komputer tersebut tidak sanggup digunakan apabila hanya berupa suatu alat saja.
Baca : Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Komputer
Secara umum sistem komputer terdiri dari beberapa elemen atau bab penting yang saling berkaitan satu sama lain. Elemen-elemen atau bab penting pada sistem komputer yang harus diketahui sebagaimana disajikan pada gambar di bawah ini.

Elemen pada Sistem Komputer

1. Hardware (Perangkat Keras)
Bagian terpenting pada sistem komputer yaitu adanya hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai perangkat keras. Dikatakan perangkat keras alasannya secara fisik wujudnya tampak nyata, sanggup dipegang dan biasanya berupa benda yang memliki tekstur keras. Hardware pada sistem komputer merupakan perangkat komputer itu sendiri. Hardware pada sistem komputer mencakup input device, output device, storage device dan processing device. 

2. Software (Perangkat Lunak)
Elemen penting lainnya pada sistem komputer yaitu software atau sering disebut juga dengan perangkat lunak. Software pada sistem komputer disajikan berupa kegiatan atau aplikasi tertentu yang harus terpasang atau terinstal pada hardware. Program atau aplikasi tersebut merupakan serangkaian isyarat atau perintah tertentu guna menuntaskan kegiatan pemrosesan data pada sistem komputer yang dijalankan. Software pada sistem komputer biasanya terdiri dari sistem operasi,  kegiatan aplikasi, utility program dan language program. Sistem operasi misalnya Windows, Linux dan Mac/Os. Sedangkan kegiatan aplikasi contonya aplikasi perkantoran, aplikasi desian grafis, aplikasi permainan/games, aplikasi database, aplikasi audio visual, dan sebagainya.

3. Brainware (Pengguna)
Elemen lain yang tak kalah pentingnya dalam sistem komputer yaitu brainware yaitu insan selaku pengguna sistem komputer yang terlibat pribadi ataupun tidak pribadi dalam pengoperasian sistem komputer. Jika tidak ada insan selaku computer user maka komputer juga tidak sanggup digunakan. Secanggih apapun perangkat komputer yang dibentuk oleh manusia, niscaya membutuhkan campur tangan insan dalam pengoperasiannya. Brainware pada sistem komputer misalnya yaitu programmer, operator, analis sistem, administrator  dan lain sebagainya.

Baik hardware, software dan brainware tidak sanggup bekerja sendiri-sendiri. Semuanya harus bekerja bersama dan saling mendukung satu sama lain biar sistem komputer sanggup bekerja secara maksimal. Jika salah satu dari elemen tersebut mengalami kendala, maka komputer sebagai suatu sistem tidak sanggup digunakan

Subscribe to receive free email updates:

loading...