Inilah Cara Mengecek Penyaluran Dana Pip (Program Indonesia Pintar) Secara Online

Program Indonesia Pintar
PIP yaitu Program Indonesia Pintar yang merupakan salah satu kegiatan unggulan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo ketika ini. Sebetulnya kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan BSM pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun ketika ini kegiatan BSM menjadi bab dari PIP yang sudah diluncurkan semenjak tahun 2015 yang lalu.

Program Indonesia Pintar merupakan pemberian dukungan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang mendapatkan KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bab penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) semenjak tamat 2014.

Program Indonesia Pintar ini disalurkan secara sedikit demi sedikit dengan skala prioritas. Pemerintah bekerja sama dengan Bank tertentu guna pencairan dana PIP tersebut. Bagi mereka yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar akan memperoleh prioritas utama dalam penyalurannya. Artinya para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan disalurkan dananya pada tahap-tahap awal penyaluran dana PIP.

Pogram Indonesia Pintar ini juga terintegrasi dengan dapodik, dimana data layak dan tidak layak diambil dari database peserta bimbing di aplikasi dapodik. Data dan nomer rekening penyaluran dan pencairan dana PIP juga eksklusif tertera di aplikasi dapodik.

Untuk mengecek dan mengetahui progress penyaluran dan pencairan dana PIP, pemerintah sudah menyediakan layanan Sistem Informasi Program Indonesia Pintar atau sering disebut sebagai SiPintar yang sanggup diakses secara online oleh siapa saja. SiPintar sanggup diakses di halaman www.sipintar.web.id . Dalam halaman Sistem Informasi Program Indonesia Pintar (SiPintar) tersebut sanggup kita ketahui perkembangan pencairan dan penyaluran dana PIP semenjak mulai tahun 2015 sampai tahun 2017 baik pada jenjang SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK.

Penyaluran dana PIP sanggup dilacak per wilayah propinsi, kabupaten/kotamadya dan kecamatan. Di samping itu penyaluran dana PIP juga sanggup cek per satuan pendidikan. Sehingga nanti akan terlihat berapa siswa yang berhak memperoleh saluran dana PIP dan berapa siswa yang sudah mencairkan dana di Bank yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal penyaluran dan pencairan dana PIP. Pada kesannya akan terlihat prosentase dana yang sudah dicairkan pada masing-masing satuan pendidikan.

Lalu bagaimana cara mengecek penyaluran dana PIP? Untuk mengecek dan mengetahui penyaluran dan pencairan dana PIP sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Sambungkan perangkat komputer atau laptop dengan jaringan internet
2. Buka web browser dan ketikkan alamat www.sipintar.web.id

3. Klik tab sajian Penyaluran Dana PIP 2017 pada sidebar, Klik Per Satuan Pendidikan

4. Kemudian pilih dan klik jenjang pendidikan


5. Cari nama propinsi asal satuan pendidikan kemudian klik Detail

6. Cari nama  Kabupaten/Kota asal satuan pendidikan kemudian Klik Detail

7. Cari nama Kecamatan asal satuan pendidikan kemudian klik Detail


8. Cari nama sekolah atau satuan pendidikan, akan muncul rekap data akseptor PIP.


9. Klik Detail kalau ingin mengetahui nama-nama siswa akseptor PIP baik yang belum dicairkan maupun yang belum dicairkan


Namun sayang username dan password tampaknya tidak diketahui oleh rekan-rekan operator. Saya pribadi belum mengetahui username apa yang digunakan sebagai data login satuan pendidikan di Sistem Informasi Program Indonesia Pintar (SiPintar) ini. Saya mencoba memakai username dan password dapodik ternyata juga tidak bisa. Semoga ke depan akan ada sosialisasi PIP ke sekolah-sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...