Ini Yang Harus Diperhatikan Dikala Instal Aplikasi E-Rapor Sma Versi 2018B, Nomor 5 Bikin Malas!

Halaman Login e-Rapor SMA
Aplikasi e-Rapor sudah bukan hal gres bagi satuan pendidikan setingkat SMA. Setidaknya sudah 3 tahun ini evaluasi di satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengan Atas sudah memakai aplikasi e-Rapor. Untuk tahun pelajaran 2017/2018 ini aplikasi e-Rapor yang dipakai oleh satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengan Atas ialah aplikasi e-Rapor Versi 2018b.

Meskipun sudah tidak aneh lagi bagi para pengguna aplikasi e-Rapor SMA, namun untuk aplikasi e-Rapor versi terbaru ini (versi 2018b) ada beberapa hal yang perlu menerima perhatian serius dari operator selaku direktur pengguna aplikasi tersebut. Terutama ketika melaksanakan instalasi aplikasi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator atau direktur ketika melaksanakan instalasi aplikasi e-Rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2018b di satuan pendidikan masing-masing, yaitu :

1. Struktur Database Aplikasi
Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2018.b memiliki struktur database yang berbeda dengan versi sebelumnya. Maka berkaitan dengan perbedaan tersebut, maka operator atau direktur di harapkan untuk tidak melaksanakan acara restore database aplikasi versi sebelumnya ke versi aplikasi yang terbaru.

2. Backup Database
Tim e-Rapor menganjurkan untuk melaksanakan backup database terlebih dahulu, sebelum aplikasi e-Rapor di gunakan lebih lanjut sebagai pengganti backup versi sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk jaga-jaga apabila ada kegagalan dalam instalasi aplikasi.

3. Server Cadangan
Pada versi yang terbaru ini, versi 2018.b ada yang gres dari tim e-Rapor Sekolah Menengan Atas yaitu telah dilengkapi dengan server cadangan yang sangat membantu sekali dalam operasional aplikasi e-Rapor SMA. Server cadangan tersebut sanggup dimanfaatkan kalau diakses oleh banyak user melalui jaringan LAN sehingga beban server tidak terlalu berat ketika diakses.

4. Port Jaringan dan Localhost
Aplikasi e-Rapor yang terbaru ini disediakan dua port yang sanggup dipakai untuk acara yang berbeda. Tim e-Rapor Sekolah Menengan Atas menyarankan port 5739 untuk dipakai kanal via jaringan. Sedangkan port 5789 lebih baik dipakai pada sisi localhost saja.

5. Panduan Aplikasi e-Rapor
Ini bab yang paling utama namun terkadang sering diabaikan oleh para pengguna aplikasi e-Rpaor SMA. Tim e-Rapor Sekolah Menengan Atas sudah menyediakan Panduan Aplikasi e-Rapor Versi 2018b dalam bentuk softcopy berupa file dengan ekstensi pdf. Tim e-Rapor menganjurkan untuk membaca dan memahami panduan aplikasi e-Rapor tersebut sebelum memakai lebih lanjut

6. Contact Support
Ini bab terakhir yang perlu diperhatikan oleh operator atau direktur aplikasi e-Rapor SMA. Tim e-Rapor Sekolah Menengan Atas menyediakan saluran konsultasi apabila ada permasalahan terkait aplikasi e-Rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2018b ini. Jika ada masukan atau permasalahan terkait aplikasi ini, silahkan menghubungi contact support tim pengembang sebagaimana ditampilkan dalam aplikasi ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...