Download Teladan Daftar Penerimaan Rapor

Buku Rapor

Setiap menjelang selesai semester, guru kelas selalu disibukkan dengan penyelesaian nilai pada buku rapor siswa. Buku rapor siswa merupakan buku laporan hasil berguru siswa selama periode tertentu. Untuk ketika ini, pendidikan di Indonesia baik pada jenjang SD/SMP/SMA/SMK dan sederajat memakai sistem semester (6 bulan), sehingga periode evaluasi hasil berguru siswa dilakukan setiap semester (semester 1 dan semester 2).

Buku rapor berisi hasil evaluasi terhadap seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu. Buku rapor dipakai selama siswa tersebut mengikuti seluruh acara pembelajaran di sekolah. Nilai-nilai yang ada dalam buku rapor biasanya berasal dari nilai kiprah dan portofolio siswa, nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai ulangan selesai semester. Selain nilai berupa angka juga dicantumkan nilai perilaku siswa termasuk kehadiran, sopan santun, kerajinan dan kerapian.

Buku rapor akan diberikan kepada siswa atau orang bau tanah siswa setiap satu semester sebagai laporan kemajuan hasil berguru siswa tersebut. Kadang-kadang buku rapor diberikan secara pribadi kepada siswa. Namun buku rapor lebih sering dibagikan kepada siswa dengan mengundang secara pribadi orang bau tanah atau wali siswa untuk tiba ke sekolah.
Baca : Download Contoh Surat Undangan Penerimaan Rapor
Penyerahan buku rapor kepada siswa atau orang bau tanah siswa harus didokumentasikan dalam bentuk bukti penyerahan rapor. Dalam daftar penerimaan buku rapor harus dicantumkan nama siswa, orang tua, tanggal penerimaan rapor dan tanda tangan orang yang mendapatkan rapor. Tujuannya yaitu sebagai prasyarat manajemen guru kelas atau wali kelas jikalau suatu ketika ada apel manajemen atau supervisi dari pengawas sekolah. Di samping itu, dengan menciptakan daftar penerimaan rapor atau daftar penyerahan rapor maka guru akan dengan gampang mengetahui rapor siapa saja yang sudah dibagikan dan belum diserahkan.

Selain itu daftar penerimaan rapor ini sanggup dipakai sebagai bukti bahwa buku rapor siswa memang benar-benar sudah diserahkan kepada siswa atau orang bau tanah siswa. Dengan demikian jikalau ada siswa atau orang bau tanah siswa yang melapor berlum mendapatkan rapor maka guru kelas atau wali kelas sanggup menunjukkan daftar penerimaan rapor sebagai bukti kalau buku rapor sudah diserahkan. Berikut ini disajikan rujukan daftar penerimaan rapor dalam bentuk Ms. Excel yang sanggup didownload pada link di bawah ini.

Download Contoh Daftar Penerimaan Rapor

Setelah daftar penerimaan rapor terisi dengan lengkap, itu artinya semua buku rapor telah diserahkan kepada siswa atau orang bau tanah siswa. Guru jangan hingga lupa mengingatkan kepada siswa atau orang bau tanah siswa untuk menandatangani buku rapor tersebut dan mengembalikannya kepada sekolah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sebagai bukti rapor telah dikumpulkan atau dikembalikan ke pihak sekolah, maka guru juga wajib menciptakan daftar pengembalian rapor.

Subscribe to receive free email updates:

loading...