Download Referensi Surat Kiprah Acara Pkb (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Contoh Surat Tugas Kegiatan PKB
Setiap kegiatan yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan baik guru, petugas perpustakaan, tenaga TU, Operator maupun kepala sekolah tentunya harus didasari dengan surat kiprah tanpa terkecuali. Dengan adanya surat kiprah maka kegiatan yang diikuti tersebut ialah kegiatan resmi atau legal.

Surat kiprah tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar meninggalkan kiprah atau pekerjaannya di sekolah atau instansi dinas lainnya untuk mengikuti kiprah kedinasan luar. Surat kiprah juga menciptakan pegawai yang melakukan kiprah tidak khawatir dalam perjalanan alasannya sudah menerima ijin dari pimpinan kawasan ia bekerja. Surat kiprah juga member citra bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan dinas luar dengan jarak dan rentang waktu tertentu.

Begitu juga dengan kegiatan Pengembengan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diselenggarakan oleh pemerintah tahun 2017 ini dalam pelaksanannya juga memerlukan surat kiprah bagi guru yang mengikuti kegiatan tersebut. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan dengan model in dan on ini mensyaratkan penerima PKB hadir dalam tatap muka eksklusif dalam beberapa sesi atau pertemuan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Karena jadwal yang sudah ditentukam maka tentu saja kegiatan tersebut membutuhkan surat kiprah sebagai bukti bahwa guru atau penerima kegiatan PKB bertindak tidak atas kemauan sendiri, akan tetapi ada dasar yang menjadi ajaran dalam mengikuti kegiatan tersebut. Karena terkadang pelaksanaan kegiatan PKB waktunya berbarengan dengan jam efektif mengajar atau pada dikala KBM berlangsung sehingga guru harus meninggalkan kelas. Oleh alasannya itu guru perlu meminta surat kiprah dari kepala sekolah selaku pimpinan di instansi kawasan bekerja.
Baca : Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Bimtek
Surat kiprah merupakan frasa yang terdiri dari dua kata yaitu surat dan tugas. Surat sanggup diartikan sebagai selembar kerta atau lebih yang berisi keterangan tertentu dengan aneka macam maksud tertentu. Sementara itu, kiprah didefinisikan sebagai suatu pekerjaan yang dibebankan dan menjadi tanggung jawab seseorang. Surat Tugas sendiri sanggup diartikan sebagai surat resmi yang mengambarkan atau menunjukkan bahwa orang yang namanya tercantum dalam surat tersebut diperintahkan untuk melakukan kiprah tertentu menurut seruan resmi maupun atas inisiatif sendiri.

Surat kiprah dikeluarkan oleh kepala sekolah selaku pimpinan forum sekolah dengan tanda tangan orisinil yang dibubuhi dengan stempel resmi. Surat Tugas tersebut harus memuat identitas yang diberi kiprah dan jenis, waktu dan kawasan kegiatan yang akan dilaksanakan. Surat kiprah sebaiknya disertai dengan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas).
Baca : Contoh SPPD yang Baik dan Benar
Berikut ini disajikan referensi surat kiprah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang sanggup didownload dalam bentuk Microsoft Word dan PDF.

- Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) - Word
- Download Contoh Surat Tugas Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) - Pdf

Perlu diketahui juga bahwa Penerbitan surat kiprah tersebut harus dicatat dalam buku kegiatan surat keluar dan surat masuk sebagai wujud dari tertib manajemen sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...