Download Pola Surat Ajakan Penerimaan Rapor

Surat ialah alat komunikasi tertulis yang dibentuk seseorang baik atas nama langsung maupun forum yang disampaikan kepada seseorang atau forum lain. Surat lazim dipakai dalam bentuk surat resmi dan surat tak resmi atau surat pribadi.

Surat resmi ialah surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau organisasi yang isinya berkaitan dengan dilema kedinasan. Bahasa yang dipakai ialah bahasa baku. Surat resmi juga mempunyai kepala surat, nomor surat, lampiran, dan perihal. Selain itu, kalau diperlukan, sanggup ditulis tembusan. Hal-hal itulah yang membedakan antara surat resmi dengan surat pribadi. Secara garis besar surat resmi terdiri atas penggalan berikut.
  • Kepala surat
  • Tanggal surat
  • Nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Penutup surat
  • Pengirim surat
  • Tembusan, bersifat opsional kalau diperlukan
Surat ajakan berisi ajakan terhadap seseorang. Oleh sebab itu, dalam menulis undangan, bahasa yang dipakai harus sopan, gampang dipahami, singkat, dan jelas. Penulisan tempat, waktu, hari dan tanggal, serta program harus jelas. Unsur-sur surat ajakan resmi meliputi

  1. kop atau kepala surat,
  2. nomor dan ihwal surat,
  3. tanggal penulisan surat,
  4. alamat yang dituju,
  5. pokok surat, dan
  6. pengirim surat.

Selain itu, surat ajakan resmi memakai bahasa baku dan kalimat efektif supaya lebih gampang dipahami dan tidak bertele-tele.

Salah satu pola surat ajakan resmi ialah surat ajakan penerimaan rapor. Surat ajakan tersebut dibentuk oleh sekolah dan ditujukan kepada orang renta atau wali murid. Maksud dari surat ajakan tersebut ialah penerimaan rapor dari sekolah untuk diserahkan kepada orang renta atau wali murid.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rapor merupakan buku laporan hasil pembelajaran yang diperoleh selama satu semester. Buku rapor berisi nilai-nilai yang merupakan hasil simpulan dari perhitungan nilai ulangan harian, tugas, ulangan tengah semester dan ulangan simpulan semester. Rapor sanggup dihasilkan dari goresan pena secara manual maupun berupa cetak rapor yang berasal dari aplikasi rapor yang dikembangkan oleh sekolah.

Surat ajakan penerimaan rapor biasanya diberikan sehari sebelum program penerimaan rapor semester 1 dan semester 2. Berikut ini disajikan pola surat ajakan penerimaan rapor yang sanggup didownload dalam bentuk PDF dan Word.

Surat ajakan penerimaan rapor harus diarsipkan sebagai bentuk dari tertib manajemen sekolah. Pengarsipan surat tersebut didasarkan pada nomor aktivitas surat keluar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...