Download Panduan Verval Pd Untuk Operator Sekolah

Verifikasi dan Validasi Peserta Didik
Salah satu aplikasi yang dibentuk oleh PDSP-K Kemendikbud RI yaitu aplikasi Verval PD yang berbasis web. Aplikasi yang terintegrasi dengan dapodik ini membutuhkan koneksi internet dalam pengoperasionalannya.

Aplikasi Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) bertujuan untuk membuat data akseptor bimbing yang valid sesuai dokumen legal yang dimiliki. Melalui aplikasi Verval PD sanggup dimonitor data akseptor bimbing yang sudah mempunyai NISN maupun data PD yang invalid pada masing-masing sekolah.

Selain itu, fungsi utama dari aplikasi Verval PD yaitu untuk melaksanakan verifikasi dan validasi data terhadap pengajuan identitas akseptor bimbing (ejaan nama, kawasan dan tanggal lahir), jenis kelamin dan nama ibu kandung) di semua tingkat pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK.

Di samping itu, aplikasi Verval PD juga berfungsi sebagai sarana untuk pengajuan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) bagi setiap siswa yang terdaftar di dapodik. Pemberian NISN biasanya dilaksanakan selama setahun sekali.

Aplikasi Verval PD juga sanggup dipakai untuk melaksanakan verifikasi dan validasi terhadap siswa mutasi (pindahan) yang diajukan oleh operator sekolah. Terutama siswa mutasi yang berasal dari madrasah-madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Pengguna Aplikasi Verval PD mencakup operator di tingkat sekolah, kabupaten, provinsi dan pusat. Masing-masing pengguna aplikasi Verval PD harus terdaftar pada PDSP-K di halaman http://sdm.data.kemendikbud.go.id . Jika belum melaksanakan pendaftaran di halaman tersebut, dipastikan tidak akan sanggup login di aplikasi Verval PD.

Untuk memudahkan para pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Verval PD, admin PDSP-K Kemendikbud RI telah membuat tutorial berupa Panduan Verval PD untuk Operator Sekolah. Dengan adanya panduan ini maka dibutuhkan operator sekolah sanggup dengan gampang dalam melaksanakan verifikasi dan validasi terhadap data akseptor didik. Panduan Verval PD untuk Operator Sekolah sanggup didownload pada link berikut ini.

1. Download Panduan Verval PD untuk Operator SD (SD)
2. Download Panduan Verval PD untuk Operator Sekolah Menengah Pertama  (SMP)
3. Download Panduan Verval PD untuk Operator Sekolah Menengah Atas (SMA)
4. Download Panduan Verval PD untuk Operator Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Yang perlu diingat bagi operator sekolah yaitu wewenang persetujuan validasi dan verifikasi data akseptor bimbing di Verval PD tidak hanya berada di admin sentra tetapi juga berada pada admin di tingkat dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi untuk beberapa data tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

loading...