Download Mekanisme Operasional Standar (Pos) Ujian Nasional (Un) Tahun Pelajaran 2017/2018

Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018 kembali akan dilaksanakan tahun 2018 yang akan datang. Biasanya pelaksanaan Ujian Nasional diselenggarakan pada bulan April dan Mei untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan atau sederajat baik sekolah yang berada di dalam negeri ataupun yang berada di luar negeri.

Oleh alasannya yaitu itu, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah memutuskan dan mengeluarkan peraturan gres yang mengatur penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018. Peraturan tersebut yaitu Peraturan BSNP Nomor 0044/P/BSNP/XI/2017 perihal Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2017/2018. Lebih khusus, peraturan tersebut diperuntukkan bagi satuan pendidikan jenjang SMP, SMA, dan Sekolah Menengah kejuruan atau sederajar. Sedangkan untuk POS Ujian Nasional jenjang SD akan ditetapkan kemudian.

Peraturan BSNP perihal POS Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tersebut merujuk kepada ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 perihal Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.

Ada beberapa hal yang secara khusus diatur dalam Peraturan BSNP Nomor 0044/P/BSNP/XI/2017 perihal Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2017/2018, diantaranya yaitu

  1. Peserta Ujian Nasional
  2. Penyelenggaran dan Pelaksana Ujian Nasional
  3. Bahan Ujian Nasional
  4. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
  5. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas (UNKP)
  6. Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan
  7. Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Perbaikan
  8. Pemeriksaan Hasil Ujian Nasional
  9. Kriterian Pencapaian Kompetensi Lulusan Berdasarkan Hasil Ujian Nasional
  10. Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan
  11. Biaya Pelaksanaan Ujian Nasional
  12. Prosedur Penanganan Masalah dan Tindak Lanjut
  13. Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Ujian Nasional
  14. Pengaturan Khusus Ujian Nasional
  15. Kejadian Luar Biasa dalam Penyelenggaraan Ujian Nasional

Dengan adanya Peraturan BSNP Nomor 0044/P/BSNP/XI/2017 perihal Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2017/2018 ini maka satuan pendidikan diperlukan segera mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan antara bulan April hingga dengan Mei tahun 2018 mendatang sesuai tahapan-tahapan yang terlah dijelaskan dalam peraturan tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai peraturan POS Ujian Nasional tersebut sanggup didownload pada link berikut ini.


Yang perlu diperhatikan yaitu tanggal-tanggal penting setiap acara dalam tahapan pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah dilampirkan dalam peraturan tersebut. Dalam peraturan tersebut juga disertakan secara rinci jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik yang UNBK maupun yang UNKP termasuk jadwal Ujian Susulan dan Perbaikan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...