Cara Mengerjakan Daftar Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan Bagi Satuan Pendidikan

Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan menjadi salah satu aplikasi online berbasis web yang dibentuk oleh Kemendikbud RI demi pengelolaan data pokok pendidikan yang lebih baik. Aplikasi kehadiran online ini dibawah kendali Dirjen GTK yang memang bertugas dalam mengelola administrasi guru dan tanaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud RI.

Aplikasi Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) bahwasanya sudah dibentuk semenjak tahun 2017 yang lalu, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal baik oleh sekolah, dinas pendidikan maupun Kemendikbud RI. Aplikasi DHGTK merupakan suatu sistem gosip data kehadiran guru dan tenaga kependidikan guna  pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta di seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung.

Data kehadiran guru pada DHGTK sangat diharapkan oleh pengelola derma profesi di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sebagai dasar penghitungan pemenuhan kehadiran mengajar guru yang mensyaratkan kehadiran 24 jam perminggu. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sanggup terkoneksi eksklusif dengan sistem DHGTK dan membaca DHGTK yang proses pencatatannya dilakukan oleh sekolah negeri dan swasta yang berada dibawah binaannya masing-masing.

Untuk mengerjakan Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan caranya cukup gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Siapa saja sanggup mengerjakan asalkan menerima kiprah dari kepala sekolah sebagai operator sekolah pada DHGTK. Cara mengerjakan Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan sanggup disimak berikut ini.

  1. Siapkan akun login sekolah berupa username dan password sebagaimana terdaftar di dapodik.
  2. Login sekolah di web DHGTK memakai akun kepala sekolah atau operator sekolah
  3. Pilih dan Klik Menu Kehadiran
  4. Buat dan setting kalendar sekolah
  5. Centang kehadiran guru sesuai tanggal aktif yang berjalan bagi guru yang hadir
  6. Pilih dan Klik nama guru atau tenaga kependidikan yang tidak hadir untuk input surat ijin/dinas luar/sakit.
  7. Pilih dan Klik Simpan kemudian Reload atau refresh halaman
  8. Klik keluar untuk keluar aplikasi

Cukup gampang bukan untuk mengerjakan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan? Jika ada permasalahan silahkan isikan pada kolom komentar di bawah postingan ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...