Cara Mengatasi Nilai Suatu Mapel Tidak Muncul Di Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor Smp

Pada dasarnya tujuan pemerintah dalam hal ini ialah Kemendikbud RI meluncurkan produk aplikasi evaluasi berupa aplikasi e-Rapor yang bersifat nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama ialah untuk mempermudah evaluasi oleh guru.

Namun kenyataan dilapangan masih jauh dari ekspektasi yang diharapkan. Hal ini sanggup dilihat dari aneka macam permasalahan yang timbul dalam pengerjaan evaluasi memakai aplikasi e-Rapor. Dimulai dari pemasalahan non teknis sampai yang bersifat teknis.

Salah satu permasalahan yang timbul pada pengerjaan aplikasi e-Rapor ialah nilai suatu mapel tidak muncul di cetak rapor. Tentu hal ini menciptakan deg-deg an bagi administrator. Mengapa hal ini sanggup terjadi? Ada beberapa alasannya ialah yang mendasari mengapa nilai mata pelajaran tertentu tidak mau muncul di cetak rapor.

Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, sanggup saja disebabkan lantaran KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibentuk dan disimpan. Yang ketiga inilah yang bikin nyesek, entah lantaran belum sempat lantaran belum selesai atau alasan lainnya, guru mata pelajaran belum melaksanakan proses kirim nilai akhir. Ya terperinci lah, lah wong nilai belum dikirim kok, mana sanggup muncul di cetak rapor.

Untuk mengatasai permasalahan tersebut, ada baiknya membaca dengan seksama cara mengatasi nilai suatu mata pelajaran yang tidak muncul di cetak e-Rapor SMP.

  1. Pastikan bahwa mata pelajaran tersebut telah terpetakan pada “Mapping Mata Pelajaran” , Admin sanggup meninjau kembali pada sajian “Referensi Data Lokal>>Mapping Mapel”.
  2. Pastikan bahwa KKM dan interval predikat mata pelajaran tersebut telah di buat oleh Admin.
  3. Admin sanggup meninjau kembali pada sajian “Referensi Data Lokal>>Data KKM Mata Pelajaran”. Kemudian tinjau pula “Referensi Data Lokal>>Data Interval Predikat”.
  4. Pastikan guru mata pelajaran telah melaksanakan proses “Kirim Nilai Akhir”. Admin sanggup memantau ini pada sajian “Hasil Pengolahan Nilai>>Status Penilaian”.
  5. Kotak warna hijau pada kolom status “ KirimNilai”, menawarkan guru telah mengirim nilai akhir. Jika masih berarti merah, berarti guru tersebut belum mengirimkan nilai akhir. Selanjutnya wali kelas sanggup berkoordinasi dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

Status Penilaian Oleh Guru
Harus ada korelasi dan koordinasi yang baik antara administrator, guru mata pelajaran dan wali kelas sehingga permasalahan tersebut dalam dihindari semenjak awal.

Subscribe to receive free email updates:

loading...