72 Ribu Guru Akan Disertifikasi Tahun Ini

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemdikbud), Sumarna Surapranata, mengatakan, 72.082 guru yang belum mendapat sertifikasi guru pada 2015 akan segera dituntaskan pada 2016 ini.

"Para guru tersebut akan kita usahakan mendapat sertifikasi tahun ini. Sebetulnya, pemerintah menargetkan sertifikasi guru sanggup simpulan pada 2015," kata Pranata ketika di temui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (1/11).

Pranata menjelaskan, ada 72.082 guru yang belum mendapat sertifikasi alasannya belum menuntaskan pendidikan strata satu (S-1) atau diploma IV, sehingga belum mendapat sertifikasi. "Padahal, salah satu syarat untuk sertifikasi ialah guru minimal harus lulus pendidikan S1 atau D4," tambah dia.
sergur 2016
Alumnus IKIP Bandung ini menuturkan, kalau para guru tersebut sanggup lulus kuliah di tahun ini, pemerintah sanggup menyelesaikan proses sertifikasi. "Sertifikasi guru, merupakan salah satu fokus utama pemerintah di tahun ini," kata Pranata.

Untuk mempercepat sertifikasi tersebut, kata dia, pemerintah juga menyiapkan beasiswa bagi para guru yang akan melanjutkan kuliah. Bantuan beasiswa tersebut, lanjut dia, dikenal dengan sebutan beasiswa pendidikan profesi untuk Sertifikasi Pendidikan Profesi Guru (SPPG).

"Beasiswa yang diberikan bersifat selektif, salah satunya menurut berapa usang mengajar, jurusan yang diperlukan, serta keberpihakan masing-masing daerah," papar dia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...