Resmi Dirilis, Installer Aplikasi Dapodik 2018.B Sanggup Anda Download Di Sini!

Dapodikblog.com
Pada artikel saya sebelumnya telah dibahas bahwa installer aplikasi Dapodik 2018.b akan dirilis bertepatan pada tanggal 30 Januari 2018. Hari ini, sempurna tanggal 30 Januari 2018 telah secara resmi dirilis installer Dapodik 2018.b tersebut oleh Kemdikbud.

Pada aplikasi Dapodik terbaru ini, terdapat beberapa perubahan dan pembaruan fitur yang memungkinkan pada aplikasi sebelumnya terkunci kini dibuka, yang sebelumnya tidak ada kini ditambahkan. Hal ini tidak lain yakni sebagai upaya peningkatan layanan data menyangkut pendidik, akseptor didik, sekolah, sarpras, dan mutu pendidikan.

Bagi Anda yang ingin download installer aplikasi Dapodik 2018.b sanggup mengunjungi link resmi unduhan di sini. Jika mengalami hambatan alasannya yakni padatnya laju trafik pengunjung yang menyebabkan server ngadat, Anda sanggup mendownloadnya di link alternatif yang saya sediakan di alamat ini.

Perlu Anda ketahui bahwa link alternatif di atas bukanlah belahan dari link resmi Kemdikbud, melainkan link yang saya sajikan untuk membantu Anda jikalau terjadi hambatan pengunduhan di link resminya. Pada dasarnya, installer aplikasi Dapodik 2018.b yang saya sajikan yakni installer yang saya unduh dari link resmi Kemdikbud. Jadi, Anda tidak perlu khawatir alasannya yakni aplikasi tersebut bukan Aplikasi Phising (pengelabuan).

Cara Instalasi aplikasi Dapodik 2018.b

Aplikasi Dapodik versi ini yakni aplikasi dalam bentuk installer (master aplikasi) dan bukan dalam bentuk patch (update). Jika dalam bentuk patch Anda sanggup menginstalasi aplikasinya secara eksklusif tanpa harus meng-uninstal aplikasi sebelumnya, berbeda dengan installer ini, Anda harus meng-uninstal aplikasi Dapodik sebelumnya biar tidak tumpang tindih. Lalu, bagaimana cara instalasi aplikasi Dapodik 2018.b ini? Berikut langkah-langkahnya:
  • Pastikan Kode Registrasi Sekolah dan akun petugas/operator sudah Anda persiapkan;
  • Silakan unduh aplikasi Dapodik 2018.b pada alamat yang sudah saya sertakan di atas;
  • Selanjutnya, lakukan generate prefill pada alamat ini dengan memakai login Dapodik yang terdiri username dan password kemudian masukan instruksi pendaftaran sekolah Anda pada form yang telah disediakan dan jangan lupa pilih "Jenjang" sekolah Anda yang sesuai. Jika berhasil login, silakan klik "Generate" dan tunggu hingga prosesnya selesai. Selanjutnya, klik "Download" untuk menyimpan hasil "Generate" tersebut. Perlu diketahui, file hasil "Generate" berekstensi .prf. Jangan lupa file hasil "Generate" tersebut Anda simpan di folder yang gampang Anda temukan alasannya yakni file tersebut akan dipakai untuk langkah penginstalan selanjutnya;
  • Jika installer aplikasi Dapodik dan file hasil generate sudah Anda download dan simpan,  selanjutnya mari lakukan uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya yang telah terpasang di laptop Anda. Caranya cukup mudah, Anda masuk "Control Panel" kemudian pilih "Program", klik "Add or Remove Program", selanjutnya cari kegiatan berjulukan "Dapodikdas" dan lakukan "uninstal" hingga prosesnya selesai, selanjutnya silakan restart laptop Anda;
  • Jika uninstal sudah berhasil Anda lakukan, saatnya untuk instalasi ulang aplikasi Dapodik yang baru. Namun, saya sarankan disable terlebih dahulu antivirus yang terpasang di laptop Anda alasannya yakni pada beberapa kasus, antivirus tertentu akan membaca installer aplikasi Dapodik sebagai virus. Adapun cara instalasi ulang aplikasi Dapodik sebagai berikut: (1) Buka direktori C lihat folder berjulukan "prefill_dapodik" (tanpa tanda kutip) kemudian buka folder tersebut dan lihat apakah ada file atau tidak. Jika ada, silakan hapus, jikalau tidak ada eksklusif saja letakkan file hasil "generate" yang gres saja Anda lakukan di atas; (2) Jika sehabis dibuka direktori C ternyata tidak terdapat folder berjulukan "prefill_dapodik", maka Anda harus membuatnya. Ingat, jangan hingga salah menuliskannya baik hurufnya maupun besar kecilnya aksara yang dipakai (sekali lagi, jangan pakai tanda kutip). Selanjutnya, silakan letakkan file hasil "generate" tadi di dalam folder tersebut; (3) Berikutnya, silakan lakukan instalasi aplikasi Dapodik dengan cara klik file installer-nya kemudian klik kanan dan pilih "run as administrator" atau sanggup juga denga eksklusif "klik double" pada file installer-nya. Selanjutnya, silakan ikuti proses instalasi hingga selesai dengan mengeklik "lanjut" atau "continue". Selama proses instalasi, mungkin Anda diminta untuk mengeklik "setuju" atau "agree" klik saja perintah itu, begitupun pada waktu tertentu Anda akan diminta untuk mengeklik "pasang", maka klik saja perintah tersebut dan tunggu hingga proses instalasi berakhir; (4) Jika proses instalasi telah selesai, biasanya muncul notifikasi apakah kegiatan mau eksklusif dijalankan atau tidak. Saran saya pilih saja "tidak", lalu, silakan restart laptop Anda; (5) Saatnya menjalankan aplikasi Dapodik 2018.b dengan mengeklik double icon Dapodik pada desktop Anda. Saat terbuka, akan muncul jendela gres "Registrasi", lakukan pendaftaran dengan mengisi form yang tersedia, yang mencakup jenis registrasi, username (email), password, instruksi pendaftaran sekolah, dan konfirmasi password. Karena Anda melaksanakan instalasi memakai file hasil "generate" prefill, pilihlah jenis registrasinya "Offline". Sedangkan username dan password, gunakan akun login Dapodik sebelumnya atau akun ketika Anda melaksanakan "Generate" prefill.

Itulah langkah-langkah cara instalasi ulang aplikasi Dapodik 2018.b yang sanggup Anda terapkan memakai file hasil generate prefill (offline). Dikatakan offline alasannya yakni memakai file hasil "generate" prefill selama proses instalasi. Sedangkan online, Anda tidak perlu melaksanakan "Generate" prefill untuk instalasi aplikasi Dapodik. Saat Anda mengeklik icon Dapodik pada desktop dan muncul jendela registrasi, jenis pendaftaran yang dipilih yakni secara "online" bukan offline. Namun, saya menyarankan kepada Anda untuk menginstalasi secara offline alasannya yakni database yang ditampilkan sesuai dengan data terakhir kita sinkron sedangkan online terkadang ada data yang error atau tidak tampil. Sehingga akan menjadi duduk masalah gres buat Anda. Untuk lebih jelasnya Anda sanggup unduh buku panduan penggunaan aplikasi Dapodik 2018.b di sini.

Munculnya keluhan ketika Generate Prefill

Pada sebagian sekolah sering ditemui ketika ingin melaksanakan Generate Prefill tidak berhasil atau gagal login. Beberapa penyebabnya di antaranya:
  1. Username dan password tidak dikenal oleh sistem;
  2. Kode pendaftaran telah dilakukan reset oleh admin Dapodik Kabupaten/kota.

Solusinya yakni pastikan username dan password yang dipakai yakni yang  telah terdaftar di sentra yang terakhir kali dipakai dan lakukan koordinasi kepada admin Dapodik Kabupaten/Kota.

Demikian informasi perihal rilis resmi installer aplikasi Dapodik 2018.b. Jika ada kendala, baik proses pengunduhan ataupun proses instalasi, silakan kita diskusikan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Sumber https://inulwara.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

loading...