Release Installer Aplikasi E-Rapor Versi 2018 (E-Rapor Smp 2018) Terintegrasi Dapodik

Aplikasi e-Rapor SMP Terintegrasi Dapodik
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil berguru oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.

Penilaian hasil berguru dilakukan oleh pendidik, dalam hal ini yaitu guru. Penilaian hasil berguru intinya bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru penerima didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil berguru dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.

Proses penilaian hasil berguru penerima didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyebarkan aplikasi e-Rapor utuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

Aplikasi e-rapor versi 2018 ini merupakan aplikasi rapor berbasis web yang diperuntukkan untuk SMP. Hal ini berarti dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan penerima didik,kepala sekolah dan orang tua) sanggup mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan memakai web browser.

Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) dipakai untuk sekolah yang menyeleggarakan kurikulum 2013. Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) memiliki ukuran file atau file size yang cukup besar yaitu 109.877 kb (109,8 MB). Oleh alasannya itu pastikan jaringan internet stabil dikala mengunduh apliaksi tersebut.

Tujuan utama dari direleasenya aplikasi e-rapor versi 2018 ini adalah  dalam rangka peningkatan mutu dan layanan pendidikan di SMP (SMP), khususnya di bidang pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan. Adanya aplikasi e-Rapor tersebut merupakan salah satu bentuk pengembangan dan pemanfaatan data pokok pendidikan. Dengan direleasenya aplikasi e-Rapor Versi 2018 ini diperlukan sanggup membantu guru selaku pendidik dalam merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.

Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) sanggup didownload pada link berikut ini.
Panduan e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) sanggup didownload pada link berikut ini.
Panduan Penilaian e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) sanggup didownload pada link berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...