Pengertian Komputer Berdasarkan Ahli

Komputer (PC Desktop) 
Komputer mempunyai kiprah yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Hampir setiap bidang pekerjaan insan memerlukan komputer baik itu secara eksklusif maupun tidak langsung. Namun tahukah kita bahwa komputer tidak sesederhana yang biasa kita lihat sehari-hari.

Pada awalnya, istilah komputer merupakan terjemahan kata bahasa Inggris dari computer. Kata computer sendiri sesungguhnya berasal dari bahasa latin yaitu computare yang mempunyai arti menghitung. Merujuk klarifikasi tersebut, secara harfiah maka komputer sanggup diartikan sebagai alat hitung.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online, disebutkan bahwa komputer merupakan alat elektronik otomatis yang sanggup menghitung atau mengolah data secara cermat berdasarkan instruksi, dan memperlihatkan hasil pengolahan, serta sanggup menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Pengertian tersebut sepertinya sejalan dengan pengertian komputer yang disajikan dalam Merriam-Webster Online Dictionary. Dalam kamus bahasa Inggris daring tersebut dijelaskan dua definisi komputer sebagai berikut
computer is an electronic machine that can store and work with large amounts of information
computer is an automatic electronic machine that can store and process data
Pengertian tersebut memperlihatkan bahwa komputer diartikan sebagai sebuah mesin elektronik yang bisa menyimpan dan bekerja dengan sejumlah besar informasi. Komputer merupakan sebuah mesin elektronik otomatis yang bisa menyimpan dan mengolah data.

Dari pengertian komputer pada kedua kamus tersebut sanggup disimpulkan bahwa komputer merupakan suatu perangkat elektro yang sanggup mendapatkan serta mengolah data sehingga menjadi informasi, menjalankan kegiatan yang tersimpan dalam memori, serta sanggup bekerja secara otomatis dengan hukum tertentu.

Sementara itu, Hamacher beropini bahwa komputer yakni mesin penghitung elektronik yang cepat dan sanggup mendapatkan isu input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan kegiatan yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Sedangkan Blissmer menyampaikan bahwa, komputer yakni suatu alat elektonik yang bisa melaksanakan beberapa kiprah sebagai berikut: mendapatkan input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

Fuori secara singkat menjelaskan bahwa komputer yakni suatu pemroses data yang sanggup melaksanakan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Komputermenurut Keagel yakni alat elektronik yang sanggup mengelola data dengan perantaraan kegiatan dan memperlihatkan hasil pengelolaannya. Dari pengertian ini terperinci sekali bahwa komputer dijalankan memakai kegiatan sehingga sanggup menghasilkan output yang diinginkan.

Lebih lanjut, Sanders beropini bahwa komputer merupakan sistem elektronik yang dipakai untuk memanipulasi data yg cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan semoga secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan langkah-langkah dan aba-aba kegiatan yang tersimpan di memori (stored program)

Sumber :

  1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001
  2. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981
  3. Robert H. Blissmer, Computer Annual, an Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985

Subscribe to receive free email updates:

loading...