Mengenal Lebih Akrab Perihal Sistem Komputer (Computer System)

Sistem Komputer
Perangkat komputer yang kita beli baik secara online maupun yang kita beli di toko komputer tidak pribadi sanggup digunakan begitu saja. Suatu komputer hanya sanggup digunakan apabila komputer tersebut mempunyai sutau sistem yang saling mendukung satu sama lain. Sistem tersebut sering kita kenal dengan sistem komputer. Pendek kata, komputer sanggup kita gunakan apabila ada sistem yang mengatur komputer tersebut sesuai dengan fungsi dan kiprahnya masing-masing. Lalu, apa sih bergotong-royong yang dimaksud dengan sistem komputer?

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi gosip dan komunikasi,tentunya  istilah sistem komputer bukan merupakan suatu istilah yang asing. Namun bagi orang awam atau yang hanya sekedar pengguna komputer pribadi istilah sistem komputer perlu klarifikasi lebih mendetail bagi mereka semoga sanggup dipahami.

Istilah Sistem komputer berasal dari dua kata, yaitu sistem dan komputer. Kata sistem merupakan terjemagah dari bahasa Inggris system. Sementara itu, ada pendapat yang menyampaikan bahwa system berasal dari bahasa Latin yaitu systema. Namun ada juga yang beranggapan bawah System berasal dari bahasa Yunani sustema. Kedua kata tersebut mempunyai makna harfiah yaitu  suatu kesatuan terdiri dari banyak sekali komponen yang dihubungkan secara gotong royong semoga memudahkan aliran-aliran  informasi, materi dan energi. Di samping itu, sistem juga diartikan sebagai suatu kesatuan bab yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya dan berada pada suatu area tertentu yang mempunyai object-object tertentu yang berfungsi sebagai penggerak.

Sedangkan komputer didefinisikan sebagai suatu alat yang digunakan dalam pengolahan data berdasarkan tata cara dan mekanisme yang telah dirumuskan. Semula istilah komputer digunakan untuk menggambarkan pekerjaan seseorang  dalam hal hitung menghitung yang memakai alat bantu maupun tidak, namun lalu arti kata ini mengalami perubahan menjadi alat tersebut.
Baca : Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Dengan demikian, dari kedua pengertian tersebut sanggup diambil suatu kesimpulan bahwa sistem komputer merupakan banyak sekali elemen yang terkait satu sama lain untuk menjalankan aktifitas dengan memanfaatkan komputer. Bagian-bagian penting dalam sistem komputer tersebut terdiri dari hardware, software, brainware dan  sekumpulan instruction set.

Dari pengertian tersebut sanggup dijelaskan bahwa sistem komputer ialah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling bekerjasama dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya dalam pengolahan data, yang pada risikonya sanggup menghasilkan gosip tertentu sesuai cita-cita penggunanya. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer ialah hardware, software dan brainware.
Baca : Elemen-elemen pada Sistem Komputer yang Harus Diketahui
Perangkat-perangkat tersebut berkerja bersama sesuai dengan fungsinya masing-masing. Perangkat-perangkat pada sistem komputer tersebut saling bergantung dan mendukung satu sama lain. Jika salah satu perangkat tidak sanggup melakukan fungsinya maka akan mempengaruhi kerja perangkat lainnya. Hardware tidak akan sanggup bekerja sesuai fungsinya jikalau tidak ada software dan brainware yang mendukungnya dan begitu juga sebaliknya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...