Kisah Guru Istiqomah Mengajar Di Pedalaman Papua

Mengajar di kawasan terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) selalu memberi dongeng dan pengalaman tersendiri bagi siapa pun yang menjalaninya. Bagaimana tidak, keindahan alam Bumi Papua sungguh luar biasa. Deretan perbukitan hijau, sungai, sampai riam menjadi suguhan kala seorang guru, Istiqomah Fenica Yusnita, menempuh perjalanan udara untuk mengabdi di Distrik Okhika, Pengunungan Bintang, Papua.

Istiqomah, begitu ia bersahabat disapa, merupakan guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Di sana, ia mengajar di dua sekolah, yaitu SD Inpres Bakonaip dan Sekolah Menengah Pertama N Satu Atap Bakonaip. Istiqomah mengatakan, selama mengabdi di Okhika ia tinggal di rumah dinas Kepala SD Inpres Bakonaip.

"Rumah yang kami tinggali berada di area yang strategis, yakni di dalam lingkungan sekolah. Ruang kelas SD Inpres Bakonaip berjarak dua meter di sebelah barat, di sebelah timur terdapat kompleks perumahan guru yang lain. Di sebelah utara ada balai kampung, di sebelah selatan sekitar 20 meter terdapat halaman dan ruang kelas SMP," ungkapnya dinukil dari laman UNY, Selasa (17/5/2016).

Alumni prodi pendidikan kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) itu menceritakan, keingintahuan para siswa ihwal hal-hal gres begitu tinggi. Di tingkat SMP, mereka juga sangat antusias dengan pelajaran yang diberikan. Bahkan, persaingan untuk berprestasi dari masing-masing anak cukup besar.
"Pada awalnya membiasakan berguru kepada mereka begitu sulit. Namun sehabis mengetahui senangnya berguru dan tahu hal-hal baru, menciptakan mereka ketagihan untuk berguru bersama," terangnya.

Istiqomah berpendapat, para siswa masih haus akan kedatangan guru. Mereka terlihat masih begitu kurang akan ilmu-ilmu sehingga guru dianggap segalanya dan serba bisa. Salah satu siswa yang masih perlu sumbangan guru, kata dia, ialah Dobali Iktus Tepmul yang belum sanggup membaca.
"Jangankan membaca, huruf saja ia masih kesulitan menghafal. Namun ia paling unggul di kekuatan fisik dan paling rajin bila disuruh untuk kerja fisik," tuturnya. http://news.okezone.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...