Guru Wajib Tahu! Inilah Tujuan Kegiatan Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Yang Sebenarnya

PPG 2017
Seperti diketahui bersama bahwa di tahun 2017 ini pemerintah melalui kemendikbud RI telah membuka kembali kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mereka yang sudah bertugas atau mengajar akan tetapi belum mempunyai akta keahlian di bidang tugasnya masing-masing.

Dalam UU No 20/2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa Pendidikan Profesi merupakan pendidikan tinggi sesudah kegiatan Sarjana yang mempersiapkan akseptor mempunyai pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dengan demikian, kegiatan PPG ialah kegiatan pendidikan yang diselenggarakan bagi lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non-Kependidikan yang mempunyai talenta dan minat menjadi guru semoga mereka sanggup menjadi guru profesional sesudah mereka memenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan standar nasional pendidikan dan memperoleh akta pendidik.

Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang mempunyai forum pendidikan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Menteri. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini mempunyai tujuan sebagai berikut.

  1. untuk menghasilkan calon guru yang mempunyai kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran;
  2. menindaklanjuti hasil evaluasi dengan melaksanakan pembimbingan, dan training akseptor didik; dan
  3. mampu melaksanakan penelitian dan membuatkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Terlepas dari ketiga tujuan di atas, intinya kegiatan Pendidikan profesi Guru (PPG) ini bertujuan untuk mewujudkan guru-guru yang mempunyai kompetensi mendidik sesuai dengan bidannya masing-masing dan merupakan wujud faktual perhatian pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia dimana para guru yang mengajar di SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat haruslah seusai dengan kualifikasi akademiknya dan mempunyai setifikat pendidik

Subscribe to receive free email updates:

loading...