Guru Ngebet Pingin Ikut Ppg, Tapi Nggak Ngerti Ppg Itu Apa. Begini Pengertian Ppg Yang Sesungguhnya!

Program Pendidikan Profesi Guru 2017
Setelah sukses melakukan kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2016, di simpulan tahun 2017 ini Pemerintah kembali membuka kesempatan kepada para guru di seluruh tanah air untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Hal ini sebagai wujud faktual perhatian pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia dimana para guru yang mengajar di SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat haruslah seusai dengan kualifikasi akademiknya dan mempunyai setifikat pendidik.

Namun apakah para guru sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan PPG itu. Jangan-jangan para guru hanya asal ucap dna tidak tahu artinya alasannya ialah mendengar isu di media social bahwa pemerintah telah menyelenggarakan PPG tahun 2017. Cukup miris nantinya bila ternyata para guru tidak tahu arti dari kegiatan PPG itu sendiri, padahal guru tersebut ngebet banget ingin ikut PPG.

Dalam Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013 perihal Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan disebutkan bahwa Pendidikan profesi ialah pendidikan tinggi sehabis kegiatan sarjana yang mempersiapkan penerima didik untuk mempunyai pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.  Bidang keahlian yang ditempuh penerima didik pada kegiatan PPG harus sesuai dengan jenjang pendidikan serta mata pelajaran yang akan diampu.

Lebih lanjut, dalam Peraturan Menteri tersebut Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan yang selanjutnya disebut kegiatan PPG ialah kegiatan pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Nonkependidikan yang mempunyai talenta dan minat menjadi guru biar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga sanggup memperoleh akta pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Baca : Tujuan Program Pendiidkan Profesi Guru (PPG)
Sementara itu yang dimaksud dengan guru ialah pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sedangkan Guru Dalam Jabatan ialah Guru pegawai negeri sipil dan Guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan Pemerintah, Pemerintah Daerah, maupun penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai Perjanjian Kerja atau Kesepakatan Kerja Bersama.

Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang mempunyai forum pendidikan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Menteri.  Penetapan LPTK sebagai penyelenggara kegiatan PPG didasarkan atas hasil penilaian yang dilakukan secara objektif dan komprehensif

Subscribe to receive free email updates:

loading...