Download Teladan Surat Kiprah Pengawas Ujian Nasional (Un)

Contoh Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (US/M)
Ujian Nasional atau terkadang juga disebut sebagai Ujian Sekolah/Madrasah merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah) ini dilaksanakan untuk memilih kelulusan dan ditujukan untuk penerima bimbing tingkat tamat di SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat.

Menjadi pengawas ujian nasional (ujian sekolah/madrasah) merupakan suatu pujian tersendiri alasannya tidak semua guru terpilih menerima kiprah menjadi pengawas ujian nasional atau ujian sekolah/madrasah. Diperlukan ketelitian, ketegasan dan kejujuran yang tinggi bila menjadi pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah).

Menjadi seorang pengawas Ujian Nasional harus dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan Kepala Sekolah perihal Pengawas Ujian Nasional  dan dilengkapi dengan Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh Sekolah dan atau SKPD terkait.
Baca :
- Download Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional
- Download Tata Tertib Peserta Ujian Nasional
Surat Tugas merupakan surat yang pertanda bahwa orang yang diberi surat itu diperintahkan atau diberi kiprah untuk menjalankan sesuatu atau terkadang juga disebut surat perintah atau surat perintah tugas. Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional berarti surat yang diberikan kepada guru semoga menjalankan kiprah mengawasi jalannya Ujian Nasional.

Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional memuat kop sekolah daerah guru bertugas sebagai pendidik. Selanjutnya surat tersebut memuat identitas jenis surat dan nomor kegiatan surat keluar masuk. Surat Tugas Pengawas UN juga harus memuat dasar pembuatan surat tugas, biasanya surat dari dinas pendidikan kabupaten/kota.

Yang menjadi inti dari surat kiprah yaitu identitas guru yang menerima kiprah sebagai seorang pengawas ujian nasional. Dan yang tak kalah penting yaitu sekolah tujuan yang menjadi daerah kiprah dan waktu (hari, tanggal dan waktu) mengawasi ujian nasional (ujian sekolah/madrasah).
Surat kiprah pengawas ujian diakhiri dengan himbauan untuk melakukan kiprah dengan baik dan melaporkan segera sehabis kiprah selesai.

Untuk legalitas surat kiprah pengawas ujian nasional harus diberi tanda tangan dan nama jelas pejabat yang memberi kiprah atau yang mengeluarkan surat kiprah dalam hal ini yaitu kepala sekolah. Begitu juga dengan daerah dan tanggal dikeluarkannya surat juga harus disertakan dalam surat tersebut. Untuk pola Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah) sanggup didownload pada link di bawah ini.

Download Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah)

Subscribe to receive free email updates:

loading...