Download Panduan Singkat Tata Kelola Agenda Pendidikan Profesi Guru (Ppg) 2017

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru tahun 2017 ini. Hal ini dilaksanakan sebagai implementasi Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa guru wajib mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, akta pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Untuk itu, calon guru yang telah mempunyai kualifikasi akademik S1/DIV, diwajibkan untuk menempuh pendidikan profesi, supaya sanggup mempunyai kompetensi dan mendapat akta pendidik ibarat yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah tersebut, melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan

Seleksi awal dilakukan oleh Dirjen GTK melalui aplikasi Dapodik. Setiap guru yang terdaftar di dapodik secara otomatis akan diseleksi secara manajemen oleh Dirjen GTK. Sasaran utama kegiatan PPG 2017 ini yaitu guru yang bertugas atau mengajar tetapi belum mempunyai akta keahlian di bidang tugasnya masing-masing.

Bagi guru yang terdaftar di dapodik akan mendapat notifikasi info PPG 2017 baik yang layak mengikuti PPG maupun yang tidak memenuhi syarat mengikuti PPG 2017. Bagi guru yang memenuhi syarat akan mendapat notifikasi permintaan dan diminta untuk mendaftar. Sedangkan bagi guru yang tidak memenuhi syarat akan mendapat notifikasi tidak terundang dan diminta untuk melaksanakan perbaikan data di aplikasi dapodik. Semua isu wacana permintaan PPG 2017 bisa diakses dengan melaksanakan login di aplikasi SIMPKB.
Baca : Inilah Alasan Menohok Kenapa Guru Tidak Diundang Mengikuti PPGJ 2017
Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan panduan singkat tata kelola kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2017. Dalam buku panduan tersebut dijelaskan cara mendaftar sebagai penerima diklat PPG. Selain itu dijelaskan pula pengelolaan akun usulan PPG oleh admin LPMP. Untuk lebih jelasnya Panduan singkat wacana tata kelola PPG 2017 bisa didownload pada link berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...