Cara Sukses Instal Aplikasi E-Rapor Versi 2018 (E-Rapor Smp)

Aplikasi e-Rapor (e-Rapor SMP) telah diluncurkan secara resmi oleh Kemendikbud RI beberapa hari yang lalu. Aplikasi e-Rapor yang direlease berupa installer aplikasi e-Rapor versi 2018 yang dikhususkan untuk SMP (SMP) yang menyelenggarakan kurikulum 2013. Installer Aplikasi e-Rapor versi 2018 ini memiliki file size yang cukup besar yaitu 109.877 kb (109,8 MB).
Baca : Download Installer Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Aplikasi e-Rapor SMP ini dimaksudkan untuk menciptakan proses evaluasi hasil berguru akseptor didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan sanggup lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat dan tentu saja lebih cepat penyelesainnya. Di samping itu, dengan adanya aplikasi e-Rapor SMP tersebut dibutuhkan sanggup meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di SMP, khususnya di bidang pengelolaan evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan. Aplikasi e-Rapor SMP ini juga sangat membantu guru selaku pendidik dalam merangcang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil evaluasi dengan baik.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Aplikasi e-rapor versi 2018 ini merupakan aplikasi rapor berbasis web yang diperuntukkan untuk SMP. Hal ini berarti dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan akseptor didik,kepala sekolah dan orang tua) sanggup mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan memakai web browser. Karena aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 ini terintegrasi dengan dapodik maka aplikasi e-Rapor harus di install pada laptop atau komputer yang sudah terintsal aplikasi dapodik.
Baca : Inilah Syarat dan Spesifikasi Laptop/Komputer yang sanggup Diinstal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Bagi rekan-rekan yang mengalami kesulitan sanggup mengikuti cara  instalasi aplikasi e-Rapor SMP versi 2018 berikut ini.
1. Lakukan double klik pada ikon installer e-Rapor SMP yang mana telah kita unduh dan simpan


2. Selanjutnya klik 'Lanjut' pada jendela instalasi e-Rapor SMP.


3. Setelah itu akan muncul jendela gres berisi persetujuan instalasi aplikasi e-Rapor, Pilih 'Saya Setuju' Kemudian klik 'Lanjut'


4. Kemudian klik tombol “Lanjut” pilihan folder penempatan start sajian (Perhatian : Jangan mengubah nama folder, biarkan secara default dari sistem)


5. Klik tombol “Lanjut” untuk melanjutkan instalasi, Selanjutnya klik tombol “Pasang” untuk melanjutkan instalasi


6. Tunggu proses instalasi hingga selesai yang ditunjukkan dengan progress kafetaria warna hijau menyerupai di bawah ini


7. Klik tombol “Lanjut” untuk untuk proses finalisasi instalasi aplikasi e-rapor SMP

8. Klik tombol “ Selesai” untuk mengakhiri proses instalasi


9. Kemudian lakukan restart pada komputer

Cukup gampang bukan cara menginstal installer aplikasi e-Rapor SMP versi 2018. Namun yang perlu diperhatikan dikala proses instalasi aplikasi e-Rapor SMP yaitu setting language and region serta setting number, date dan time format pada perangkat laptop atau komputer. Untuk cara atau langkah gampang setting language and region setting serta number, date dan time format sanggup di baca di sini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...