Cara Mengatasi Permasalahan Data Guru Tidak Terambil Ke Aplikasi E-Rapor Smp Versi 2018

Aplikasi e-Rapor SMP
Sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya bahwa Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan dapodik. Sama halnya dengan aplikasi PMP, Instalasi aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 juga memerlukan perlakuan khusus. Aplikasi e-Rapor juga memanfaatkan database pada aplikasi dapodik.

Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 harus diinstal pada perangkat laptop atau komputer yang sudah terinstal aplikasi Dapodik. Meskipun aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 tersebut sukses diinstal di laptop, naum bila tidak terinstal aplikasi dapodik pada perangkat tersebut, maka aplikasi e-Rapor tidak dapat digunakan.

Namun terkadang akan dijumpai jumlah data guru pada aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 tidak sesuai dengan data yang ada di Dapodik, artinya ada guru yang terdaftar di dapodik tetapi tidak terambil ke aplikasi e-Rapor.

Permasalahan ibarat ini lantaran disebabkan oleh beberapa hal yang simple yang terkadang tidak disadari oleh operator yaitu kesalahan entri pada jenis guru yang seharusnya guru mata pelajaran tetapi ditulis guru kelas. Akibat kesalahan entri penulisan jenis guru ialah data guru tidak terambil ke aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Jika terjadi permasalahan tersebut, rekan-rekan tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi permasalahan data guru tidak terambil ke aplikasi e-Rapor, solusinya cukup gampang dan simple. Langkahnya ialah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi dapodik dan pastikan pada data guru tersebut pada Dapodik jenis gurunya ialah guru mata pelajaran bukan guru kelas.
  2. Sinkronkan data e-Rapor ke Dapodik melalui sajian “Ambil Data Dapodik” pada penggalan “Data Guru”.
Bagaimana, cukum mudah kan. Itulah permasalahan yang terkadang muncul dalam aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018. Pada intinya, asalkan entri data di dapodik sudah benar dan sesuai SOP aplikasi Dapodik, maka permasalahan atau trouble shooting di aplikasi e-Rapor dapat dihindari.

Subscribe to receive free email updates:

loading...