Cara Mengatasi Kelas Atau Mata Pelajaran Tidak Muncul Ketika Input Nilai Di Aplikasi E-Rapor

Aplikasi e-Rapor SMP
Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 merupakan aplikasi gres bagi para operator sekolah. Biasanya aplikasi gres mengakibatkan banyak sekali permasalahan atau trouble shoot bagi para penggunanya. Cukup masuk akal jikalau memang terjadi permasalahan selama memakai aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 lantaran kurangnya sosialisasi ataupun lantaran panduan aplikasi tidak dibaca dengan tuntas.

Permasalahan yang muncul sanggup saja bersifat teknis dan non teknis, baik terkait aplikasi e-Rapor itu sendiri yang masih banyak ditemukan bug-bug sehingga perlu penyempurnaan ataupun terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi yang masih belum dipahami secara maksimal oleh operator selaku penggunanya. Oleh risikonya jikalau permasalahan muncul selama penggunaan aplikasi e-Rapor harus diteliti terlebih dahulu akar permasalahannya.

Salah satu trouble shoot atau permasalahan yang kadang muncul pada aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018 ialah kelas atau mata pelajaran tidak muncul dikala akan menginput nilai. Permasalahan ibarat ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu perangkat laptop gagal memuat tampilan lantaran berat atau sanggup juga disebabkan lantaran kesalahan dalam entri aplikasi dapodiknya. Bisa saja guru atau mata pelajaran tersebut belum tercantum dalam pembelajaran pada rombel di dapodik dimana guru tersebut mengajar.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Jika terjadi permasalahan tersebut, tidak perlu merasa khawatir. Trouble shoot tersebut masih pada tahap simple trouble shoot yang cukup gampang untuk diatasi. Cara mengatasi kelas atau mata pelajaran yang tidak muncul dikala input nilai adalah
  1. Refresh dan reload tampilan aplikasi e-Rapor. Jika ternyata kelas dan mata pelajaran masih belum muncul, lanjutkan ke langkah yang kedua. 
  2. Buka aplikasi dapodik kemudian buka sajian rombongan belajar. Pastikan pada dapodik, bahwa guru atau mata pelajaran yang bersangkutan telah tercantum pada pembelajaran di rombel rombel tersebut. 
  3. Sinkronkan e-Rapor ke Dapodik, dengan memakai sajian “Ambil Data Dapodik” pada cuilan “Pembelajaran”.
Bagaimana, cukup sederhana kan solusinya. Permasalahan yang cukup fundamental tersebut kiranya sanggup dikurangi dengan membaca buku panduan aplikasi e-Rapor yang sudah disediakan oleh Kemendikbud.

Subscribe to receive free email updates:

loading...