Cara Gampang Mencetak Rapor Mutu Pmp 2017

Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak sanggup berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus semoga seluruh komponen sekolah gotong royong mempunyai budaya mutu.

Untuk itu dibutuhkan aktivitas Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).
Agar penjaminan mutu sanggup berjalan dengan baik di segala lapisan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, telah dikembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah dalam sebuah aplikasi khusus untuk pemetaan mutu pendidikan. Oleh sebab itu dikembangkanlah suatu aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang terintegrasi dengan dapodik.

Dengan diluncurkannya aplikasi PMP, pemerintah berhadap bahwa aplikasi PMP sanggup menfasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dengan standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Di samping itu, dengan adanya aplikasi PMP ini juga dibutuhkan sanggup memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberdayakan pendidikan yang bermuutu menurut kebututhan yang sesuai di lapangan. Hasil dari PMP nantinya akan menghasilkan output yang dipakai sebagai peta mutu, rekomendasi program, pendampingan dan penguatan, monitoring dan penilaian dan training terkiat peningkatan peningkatan aspek mutu.

Dan pada tanggal 20 Oktober 2017 kemarin ialah batas selesai pengiriman data PMP untuk tahun pelajaran 2017/2018. Dengan ditutupnya pintu server maka sekolah sudah dianggap menuntaskan kuesioner PMP dan server akan memproses setiap data kuesioner PMP yang masuk sehingga akan diketahui rapor mutu PMP masing-masing sekolah. Rapor mutu PMP tiap sekolah sanggup dilihat melalui halaman resmi PMP di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan login sebagai operator sekolah.

Rapor mutu PMP tersebut tidak hanya sanggup dilihat saja, namun sanggup dicetak dan disimpan sebagai arsip manajemen sekolah. Untuk sanggup mencetak rapor mutu PMP sekolah sanggup mengikuti cara mencetak rapor PMP berikut ini.

1. Sambungkan laptop/komputer dengan internet
2. Ketikkan alamat web PMP http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada address bar
3. Pilih dan klik sajian login, isikan username dan password aplikasi PMP


4. Pilih tahun pemetaan yang akan diunduh rapor mutunya kemudian klik unduh Excel


5. Klik icon Download kalau ingin mencetak rapor mutu PMP dalam bentuk grafik


Bagaimana cukup gampang bukan cara mencetak rapor mutu sekolah hasil dari pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi PMP 2017. Saat artikel ini ditulis, untuk sementara rapor mutu yang ada hanya tahun 2016 sebab untuk rapor mutu tahun 2017 masih diproses oleh sistem. Paling tidak selesai November gres sanggup dilihat oleh sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...