Tips Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar

Laptop HP - Sumber : www.store.hp.com
Bagi operator sekolah yang sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan pendataan data pokok pendidikan, laptop menjadi senjata dan mesin tempur utama dalam menuntaskan segala tagihan kedinasan. Rasa-rasanya laptop sudah menjadi menyerupai pacar bahkan istri kedua, alasannya setiap hari, pagi, siang dan malam selalu bersama.

Sukses tidaknya setiap tagihan kedinasan yang berkaitan dengan data pokok pendidikan bergantung kepada kesehatan operator pendataan dan kesehatan laptop atau komputer. Oleh alasannya itu kesehatan laptop atau komputer sangat perlu diperhatikan biar tugas-tugas operator sekolah sanggup terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Kesehatan laptop atau komputer sangat penting alasannya hampir semua acara operator pendataan di sekolah sehari-harinya bekerja dengan laptop  atau komputer. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang terinstal di laptop atau komputer yang berkaitan dengan kiprah pendataan. Belum lagi aplikasi-apliaksi yang berbasis web dan online sehingga sangat membutuhkan kinerja laptop atau komputer yang baik.

Ada beberapa tips merawat laptop yang baik dan benar biar laptop atau komputer yang digunakan untuk bekerja lebih abadi dan sehat dan mempunyai kinerja yang prima. Sehingga segala kiprah dan tagihan kedinasan sanggup terselesaikan dengan tepat waktu.

1. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur
Semua oke bahwa bekerja menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman dan terkesan lebih santai. Beberapa dari kita terkadang menuntaskan tugas-tugas menggunakan laptop di atas kasur, sambil duduk atau tiduran hingga kiprah final dan tak terasa kita sudah mengabaikan kesehatan laptop kita. Padahal menggunakan laptop di atas kasur menjadikan panas dari laptop tidak sanggup dikeluarkan secara sempurna. Meskipun sudah ada fan di perangkat laptop kita, tetap saja panas jawaban pemakaian laptop tidak sanggup keluar secara tepat alasannya tertutup oleh kasur. Jika dibiarkan terlalu usang akan menimbulkan overheat yang berdampak jelek bagi kesehatan perangkat laptop kita. Kalau memang terpaksa ingin bekerja menggunakan komputer di atas kasur, sebaiknya menggunakan meja portable untuk laptop.

2. Hindari Menaruh Makanan dan Minuman di Dekat Laptop
Makanan dan minuman yaitu salah satu musuh utama laptop selain panas dan debu. Sebaiknya kita lebih bijak dan berhati-hati dalam meletakkan makanan dan minuman ketika kita sedang bekerja di depan laptop. Terkadang kita tidak sadar ketika bekerja menggunakan laptop, sambil makan dan minum dan meletakkannya sembarangan di bersahabat laptop kita. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di celah-celah yang ada pada keyboard misalnya, sanggup mengganggu kinerja keyboard ketika kita sedang mengetik. Begitu juga dengan minuman yang sanggup saja tumpah ke perangkat laptop kita, tentu akan menimbulkan kerusakan pada laptop kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut, alangkah baiknya bila keyboard laptop diberi pelindung semacam plastik.

3. Hindari Mendownload Aplikasi atau Software Sembarangan dari Internet.
Sering sekali kita sebagai operator membutuhkan aneka macam aplikasi tambahan untuk mendukung kerja kita dalam menuntaskan setiap tagihan offline maupun online. Sehingga kita tanpa sadar mengunduh aplikasi-aplikasi atau software secara asal tanpa memperhatikan tingkat keamanan software tersebut. Terkadang software atau aplikasi yang diunduh malah membawa virus, malware bahkan ransomware yang tentu saja sangat membahayakan perangkat laptop kita. Diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan tingkat tinggi setiap kali kita akan mengunduh aplikasi atau software tertentu dari internet. Sebaiknya mengunduh software atau aplikasi dari web resminya. Dan tentu saja tidak ketinggalan pula, untuk mengantisipasi virus atau malware sanggup memasang antivirus pada laptop kita.

4. Hindari Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Terkadang tanpa sadar kita terlalu usang di depan laptop alasannya asyiknya menuntaskan tugas-tugas dan tagihan yang harus diselesaikan secepatnya. Apalagi ketika seorang operator dikejar deadline pengiriman data online yang harus segera diselesaikan, bisa-bisa selama 24 jam laptop menyala terus-terusan. Sehingga justru mengabaikan kesehatan laptop itu sendiri. Penggunaan laptop yang terlalu sanggup menimbulkan panas yang berlebih pada laptop (overheat). Penggunaan laptop yang terlalu usang juga menimbulkan beberapa komponen pada laptop tidak diberi waktu istirahat yang cukup. Layaknya manusia, laptop juga butuh istirahat. Lebih baik gunakan laptop seperlunya dan kerjakan kiprah sesuai prioritas serta tidak menunda pekerjaan sehingga tidak mengajak laptop begadang 24 jam non stop.

5. Bersihkan Laptop dari Debu Secara Berkala
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu musuh utama laptop yaitu debu. Debu yang terlalu banyak melekat pada perangkat laptop kita sanggup mengganggu kinerja laptop kita. Sebaiknya kita secara rutin dan bersiklus membersihkan laptop dari debu-debu yang menempel. Mulailah dengan membersikan layar monitor secara rutin menggunakan lap dan cairan pembersih khusus yang sanggup kita sanggup di toko aksesoris komputer. Selain monitor, bersihkan juga debu-debu yang melekat pada keyboard menggunakan kuas khusus biar kinerja keyboard tidak terganggu. Tidak ketinggalan juga, optical drive juga harus di cek dan dibersikan secara rutin alasannya perangkat tersebut juga berpotensi terhadap debu-debu yang menempel.

Bagimana, cukup simple dan gampang kan tips yang aku sampaikan? Jika laptop sudah menjadi salah satu penggalan hidup kita, apalagi laptop tersebut menjadi senjata utama kita dalam bekerja, maka dari itu sayangi laptop kita. Rawatlah kesehatan laptop kita biar lebih abadi dan mempunyai kinerja maksimal.

Punya tips merawat laptop lainnya? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...