Tips Merawat Dan Memakai Flashdisk Yang Baik Dan Benar


Salah satu jenis aksesoris pada perangkat komputer atau laptop ialah flashdik. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa flashdisk merupakan salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki oleh para pengguna komputer atau laptop. Keberadaan flashdisk sangatlah penting dalam membantu tugas-tugas para pengguna komputer atau laptop.

Flashdisk ialah salah satu alat penyimpan data (storage device) yang bersifat portable atau bisa dibawa kemana-mana. Bentuknya yang ringan dan tidak terlalu besar menciptakan flashdisk menjadi salah satu favorit para pengguna komputer untuk menyimpan banyak sekali data komputer.
Berbagai jenis data yang umum sanggup disimpan pada flashdisk dengan baik semacam data audio, video, teks, gambar bahkan beberapa aplikasi dan software.

Oleh lantaran itu sebagai pengguna komputer yang memanfaatkan flashdisk sebagai alat penyimpan data sebaiknya bisa merawat flashdisk dengan baik dan benar biar lebih awet. Ada beberapa tips merawat flashdisk yang baik dan benar biar flashdisk yang digunakan untuk bekerja lebih kekal dan sehat dan mempunyai kinerja yang prima.

1. Simpan Flashdisk di Tempat Praktis Diingat
Meskipun flashdisk mempunyai kiprah yang sangat vital bagi para pengguna komputer, namun nyatanya flashdisk tidak digunakan setiap saat. Oleh lantaran itu, alangkah lebih baik jikalau flashdisk tersebut disimpan di daerah yang kondusif contohnya pada dompet khusus penyimpanan flashdisk. Jika kita memakai PC Desktop, flashdisk tersebut sanggup kita simpan di laci meja komputer kita. Sehingga jikalau sewaktu-waktu kita membutuhkan bisa eksklusif menemukan. Namun jikalau kita memakai laptop, aku sarankan untuk menyimpan flashdisk di dompet khusus kemudian selalu dimasukkan ke dalam tas laptop. Hindari menyimpan flashdisk di banyak sekali daerah yang berbeda. Usahakan menyimpan flashdisk ditempat yang sama.

2. Jauhkan Flahsdisk dari Jangkauan Anak-anak
Anak-anak ialah masanya bermain. Ketika bermain secara tidak sengaja mereka memakai flashdisk untuk bermain. Hal ini disebabkan lantaran mereka belum mengetahui fungsi dan kegunaan flahsdisk yang dihentikan digunakan untuk bermain sembarangan. Flashdisk yang digunakan untuk bermain bisa saja rusak, pecah dan sebagainya akhir dibanting, dicelup air atau kegiatan lainnya. Oleh lantaran itu, sebisa mungkin jauhkan flashdisk dari jangkauan belum dewasa jikalau kita tidak ingin kehilangan data-data penting yang tersimpan di flashdisk

3. Hindari Menyimpan File Hasil Download dari Internet secara Sembarangan.
Sering kali kita menyimpan banyak sekali file atau dokumen yang kita peroleh dari hasil mengunduh dari Internet contohnya aplikasi, music/lagu mp3, video  dan sebagainya. Padahal belum tentu dokumen-dokumen tersebut higienis atau terbebas dari virus dan malware. Oleh lantaran itu pastikan file yang mau disimpan di flashdik sudah di scan memakai antivirus yang terbaru. Atau bisa juga memasang antivirus pada flashdisk

4. Gunakan Flashdisk untuk Menyimpan 1 Jenis File Saja
Meskipun flashdisk sanggup digunakan untuk menyimpan banyak sekali jenis file, namun aku sarankan lebih baik menggunakna satu flashdisk untuk menyimpan 1 jenis file. Misalnya satu flashdisk hanya digunakan untuk menyimpan file berkekstensi teks menyerupai hanya untuk menyimpan file Microsoft word, excel, power point dan pdf. Kemudian untuk menyimpan file berjenis gambar atau foto, gunakan flashdisk lainnya. Begitu juga untuk menyimpan file music, video atau aplikasi dan file-file lainnya, gunakan flahdisk yang berbeda, jangan dicampur jadi satu. Dengan demikian kita akan gampang menciptakan arsip file dokumen kita sesuai dengan jenis file. Disamping itu juga tidak memperberat sistem ketika membaca data pada flashdisk ketika dicolokkan ke komputer atau laptop.

5. Hindari Menyimpan Data Secara Penuh pada Flashdisk.
Setiap flashdisk mempunyai kapasitas ruang penyimpanan. Ada yang hanya bisa menyimpan data sebesar 1 GB, 2GB, 4 GB dan 8GB. Bahkan kini ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana flashdisk sudah bisa memperlihatkan ruang penyimpanan 16 GB, 32 GB dan bahkan lebih dari itu. Namun aku sarankan untuk menyisakan sedikit ruang kosong pada flashdisk biar tidak hingga terjadi flashdisk tidak sanggup dibuka dan rusak lantaran terlalu penuh ruangan yang terisi oleh data atau file tadi.

6. Berilah Penanda Kontak pada Flashdisk 
Penanda kontak pada flashdisk meskipun sepele tapi sanggup memperlihatkan manfaat yang luar biasa bagi pemilinya. Dengan member penanda kontak atau identitas kita pada flashdisk akan membantu kita jikalau kita kehilangan flashdisk. Jika flashdisk tersebut tertinggal di warnet, ruang pertemuan atau dimana saja dan ditemukan oleh orang lain, bisa dikembalikan sesuai dengan penanda kontak pada flashdisk tersebut.

Bagimana, cukup simple dan gampang kan tips yang aku sampaikan? Jika flashdisk sudah menjadi salah satu potongan hidup kita, apalagi flashdik tersebut menjadi alat utama kita dalam bekerja, maka dari itu sayangi flashdisk kita.

Punya tips merawat dan memakai flashdisk

Subscribe to receive free email updates:

loading...